Suara Pembaharu ideas 2017

SUARA PEMBAHARU - Pertarungan menjadi orang nomor satu dalam Pemilihan kepala daerah 2017 (PILKADA) makin panas, berbagai manuver politik dilakukan oleh masing-masing politisi di gorontalo misalnya politisi Fadel Muhamad menjagokan Hana Hasanah anggota DPD RI yang tidak lain adalah istrinya untuk digadang sebagai kandidat kepala daerah propinsi Gorontalo Cagub/cawagub pada koalisi PDIP-PPP. Dan belakangan beredar kabar Demokrat akan mendekat, Hanah dalam perkembangan akan dipasangkan dengan H. Sjafrudin Mosii dan Kris Wartabone, Tony Yunus. Namun setelah Demokrat merapat Gusnar Ismail kemungkinan menduduki papan satu.

Sementara Golkar sendiri dalam surat keputusan yang ditandatangani oleh Nurdin Halid dan Idrus Marham merekomendasikan Rusli Habibie dan Idris Rahim sebagai calon Gubernur dan wakil Gubernur yang akan diusung partai Golkar pada Pilgub 2017 nanti. Namun Idris Rahim sendiri memiliki kendaraan PAN masih tarik ulur dengan Zainuddin Hasan untuk meraih dukungan DPP PAN yang hingga kini belum menentukan sikap siapa yang akan diusung PAN, pecahnya elit politik PAN semakin membuat Golkar akan mengusung sendiri paket NKRI dan konsekuensinya Idris selaku ketua PAN harus mundur dari ketua DPW PAN Gorontalo.

Dua kutub inilah yang membuat perhelatan Pemilihan kepala daerah gorontalo hanya dimainkan oleh Golkar sebagai Incumbent dan PDIP sebagai partai penguasa pemenang Pilpres 2014 yang berkeinginan memperkuat dan sekaligus konsolidasi politik 2019 nanti. Harus diakui pertarungan Pilgub adalah jembatan memenangkan pertarungan legislatif 2019 nanti, kalkulasinya Golkar yang telah meraih 2 kursi DPR RI akan terus berupaya menjadi yang terbaik dalam perhelatan nanti. Namun semua bisa berprediksi dan situasinya akan terus berubah namun tergantung dari kekuatan manuver politik yang kuat baik di daerah maupun nasional sebab yang menentukan semua cagub ditentukan oleh DPP masing-masing partai dan survey elektabilitas calon, nah siapa yang akan keluar jadi cagub maka dialah menjadi penentu kemenangan menuju DM 1 Gorontalo. Jadi semua masih bisa berubah karena politik itu tidak ada yang abadi yang ada hanyalah kepentingan semata, dan tergantung sekuat apa manuver politik yang akan dilakukan oleh elit politik didaerah untuk memainkan peranan ini nanti. (RH)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.