Suara Pembaharu ideas 2017

SUARA PEMBAHARU - Tradisi malam pasang lampu atau yang disebut dalam bahasa Gorontalo Tumbila Tohe, dan tradisi ini sudah dijadikan iven bagi pemerintah provinsi Gorontalo untuk terus dibudayakan oleh generasi penerus dimasa yang akan datang. Hal ini diungkapkan oleh Kadis Pertanian Provinsi Gorontalo Effendi Tenggo ketika berada dilokasi malam pasang lampu, bertempat di Desa Balahu Kecamatan Tibawa pada jumat (01/07/2016).
Lanjut Tenggo, awalnya malam pasang lampu  menurut orang tua dulu digunakan untuk menerangi perkampungan atau rumah karena pada zaman itu masih belum ada listrik yang seperti sekarang ini. Namun hal ini sudah terus dibudayakan oleh masyarakat Gorontalo untuk terus dipertahankan, dan setiap akhir ramadhan maka iven malam pasang lampu atau tumbilo tohe sudah menjadi tradisi masyarakat gorontalo dengan memberdayakan kreativitas masyarakat sekitar sehingga hasilnya seperti yang disaksikan malam ini.

"Simbol yang menjadi i con malam pasang lampu dilapangan adalah simbol masjid, trowongan sebagai pintu masuk menuju masjid, ucapan minal aidin walfaizin serta nama gubernur gorontalo beserta wakil gubernurnya juga masuk dalam iven tersebut. Walaupun sempat disinggung sedikit apakah ini tidak ada tedensi politik namun Tenggo membantah bahwa ini murni lahir dari kreatif pemuda dan tidak ada tendensi politik apapun dan ini semata-mata sebagai tradisi religius bukan kepentingan politik dan malam pasang lampu tersebut dihadiri oleh Gunernur Gorontalo Rusli Habibie hanya melakukan peninjaun saja", ungkap kadis pertanian Effendi Tenggo. (RH)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.