Suara Pembaharu ideas 2017

SUARA PEMBAHARU-Seiring perkembangan jaman yang seharusnya tata upacara adat gorontalo tidak bergesar maka pemerintah Kabupaten Gorontalo menggelar Pelatihan Tata Upacara Adat Gorontalo (Pohutu Adati Lo Hulondalo), yang dihadiri oleh SKPD, Kepala Desa dan Sekretaris Kecamatan se-Kabupaten Gorontalo pada pemilihan kepala desa tahun 2015. Kegiatan ini dibuka oleh Asisten I Pemkab Gorontalo Astri Tuna yang mewakili Bupati Nelson Pomalingo yang tak sempat hadir dalam kegiatan tersebut, pada senin (25/07/2016).

Menurut Tuna, tata upacara adat gorontalo mulai bergesar dari tata upacara adat yang sesungguhnya, apakah ini akibat globalisasi ataupun MEA tetapi apapun itu kita harus berusaha mengembalikan tata upacara adat yang sesungguhnya. Dan ada 19 daerah yang hingga saat ini masih menjalankan adat termasuk provinsi gorontalo, khusus gorontalo sendiri ada dua hal menjadi landasan dalam filsafa kita misalnya adat berlandasakan Sarah dan Kitabullah. Jadi kita berusaha menyeragamkan tata upacara adat baik yang memiliki berkecukupan dan tidak harus sama dan begitu juga dalam penggunaan pakai adat yang tidak bisa sama dengan pemangku adat lainnya.

"Sehingga penting untuk menseragamkan pemahaman tata upacara adat gorontalo menjadi satu kesatuan dalam membumi dayakan adat ini, dan mudah-mudahan apa yang diprosentasikan oleh pemateri dalam kegiatan yang dilakukan selama dua hari ini antara lain Hi. Alex Bobihu, BA, Drs. Hi. Karim Patede dan Hi. Awelihu, menjadi landasan bagi pemangku kepentingan di wilayah masing-masing dalam menjalankan tata upacara adat di kabupaten gorontalo, misalnya prosesi adat pernikahan, kedukaan dan lain-lain bisa berjalan sesuai amanah loluhur kita," harap Tuna, (Robyantoro Hulopi)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.