Suara Pembaharu ideas 2017

SUARA PEMBAHARU - Luas jagung di Provinsi Gorontalo tahun 2014-2015 hanya 124.000 Ha, produksinya kira-kira 500.000 ton namun sekarang ditahun 2016 luas lahan sekitar 200.000 Ha dan produksi sudah pada 1.000.000 ton.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman
Jadi sudah dua kali lipat dari tahun sebelumnya sehingga kita perlu memberikan apresiasi terhadap bupati kabupaten gorontalo Nelson Pomalingo, dan gubernur gorontalo Rusli Habibie atas prestasi peningkatan jangung diprovinsi gorontalo sangat luar biasa. Sehingga pantas dari pemerintah pusat mencanangkan bahwa provinsi gorontalo kita jadikan Lumbung Jagung, ini kata Menteri pertanian Republik Indonesia DR. Ir. Andi Amran Sulaiman ketika diwawancarai setelah panen raya jagung, pada kamis (25/08/2016).

Lanjut Sulaiman, insya Allah tahun 2017 akan kita kembangkan bersama dua kali lipat dari 200.000 Ha menjadi 400.000 Ha untuk tahun depan, sehingga pantas provinsi Gorontalo kita jadikan Lumbung Pangan khusus Jagung di Indonesia Timur. Sementara posisi jagung secara nasional inport jagung sampai saat ini turun 60% dan target kita sampai desember tak tak ada lagi inport, karena ada produksi kedepan 1,3 juta Ha kurang lebih 7 juta ton.

Baca Juga :
Manteri Pertanian Lakukan Panen Jagung di Gorontalo
Bibit Jagung Tidak Sampai Ke Petani, Kadis Pertanak: Nanti Saya Akan Kroscek
NTUP Naik, Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan

Sekarang kita akan sinergi seluruh pemodal untuk bahu-membahu dalam mensejahterakan petani, dan kedepan kita akan tetap melakukan eksport namun sebelumnya kita harus membenahi seluruh sistem dengan cara modernisasi alat pertanian serta ketersediaan bibit dan lain sebagainya agar sistem produksi terus meningkat, namun tulang pungung pangan khususnya jagung adalah petani dan tanpa petani kita tak bisa berbuat apapun. (RH)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.