Suara Pembaharu ideas 2017

SUARA PEMBAHARU - Musim Panen Raya Jagung di provinsi Gorontalo dihadiri menteri pertanian DR. Ir. Andi Amran Sulaiman didampingi Gubernur Gorontalo Drs. Rusli Habibie, Dandim Gorontalo, Kapolda, Bupati Kab. Gorontalo Nelson Pomalingo, tokoh masyarakat dan petani. Namun sebelum panen raya, Menteri dan Gubernur menaiki alat kombain hanplester (mesin pemetik jagung yang siap diisi dalam karung), baru kemudian menyerahkan bantuan secara simbolis kepada kelompok tani matuari 1, Amran Kaluku dan beberapa kelompok tani lainnya, Kamis (25/8).
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat menaiki alat kombain hanplester
Dalam sambutan Bupati kabupaten Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan, bahwa selaku pemerintah di kabupaten Gorontalo sangat bangga karena daerah ini dipilih Menteri pertanian untuk panen raya. Kabupaten Gorontalo sendiri memiliki lahan kurang lebih 300.000 Ha dan lahan yang ditanami baru 100.000 Ha karena keterbatasan bibit. Kemudian apa yang diharapkan oleh pemerintah pusat atas kedaulatan pangan nabati dan hewani kami juga terus berupaya mewujudkan hal itu. RPJMD kabupaten gorontalo baru disahkan oleh DPRD sebagai landasan kami dalam menjalankan program lewat klining peternakan, tetapi lebih utama kedaulatan pangan khususnya jagung jika jagung sukses dengan sendirinya peternakan akan berkembang.

Sementara itu gubernur gorontalo Drs. Rusli Habibie dalam sambutannya mengatakan bahwa masyarakat gorontalo ingin berdialog dengan manteri, dan materi bertanya apakah boleh pak gubernur agar provinsi bisa memproduksi 1 juta jagung lalu saya jawab bisa pak yang penting dari kementerian memberikan bibit secara gratis kepada masyarakat, dan pak materi menjawab bisa pak yang penting bisa produksi 1 juta jagung. Selain itu juga kepastian harga jagung biasa Rp 3000/liter namun kalau sudah panen harganya turun, tetapi hal itu tak perlu dirisaukan karena pak materi telah membawah investor yang khusus membeli jagung petani dan juga akan membangun pabrik diprovinsi gorontalo, selain itu juga provinsi gorontalo memiliki program pendidikan gratis dan kesehatan gratis dan ini sudah berjalan untuk semua masyarakat gorontalo.

Baca Juga :
Pemprov Gorontalo Salurkan Benih Gratis Seluruh Sawah Di Kota Gorontalo
Distarnak Gelar Sosialisasi Penerapan Gerakan Tanam Jajar Legowo
Optimalkan Bantuan Dinas Pertanian TPH Gorontalo Lakukan Pelatihan

Sedangkan dalam sambutan materi pertanian DR. Ir. Andi Amran Sulaiman mengatakan, saya berjanji harga jagung tak akan turun dari kami sudah memiliki investor khusus membeli jagung, jika ada orang mau coba-coba mempermainkan petani maka akan berhadapan dengan saya karena sudah saatnya petani kita memiliki kepastian, jaminan dan kesejahteraan agar bisa bertahan hidup dimasa yang akan datang. Selain itu juga saya akan tambahkan bantuan untuk petani diprovinsi gorontalo dan nantinya dana yang mengalir untuk petani sudah miliaran rupiah dan itupun masih belum cukup, dalam waktu dekat ini juga kami akan mengirimkan 50 unit pompa air untuk mengairi lahan petani digorontalo ini penting demi peningkatan produksi jagung dimasa-masa yang akan datang. (RH)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.