Suara Pembaharu ideas 2017

SUARA PEMBAHARU - Jika sebelumnya pelayanan data kependudukan masih menggunakan sistem manual, dimana antara pemohon dan petugas dari dinas kependudukan saling berhadapan langsung, bukan tak menutup kemungkinan yang didahului adalah yang punya finansial sementara masyarakat yang miskin akan dilayani belakangan.

Kadiscapil Kab Gorontalo, Jhon Rahman
Nah untuk memutuskan mata rantai hal tersebut, Kepala dinas kependudukan dan cacatan sipil kabupaten gorontalo Jhon Rahman menyampaikan, memang membutuhkan waktu dan penyesuaiannya, maka dari itu metode system online sedang dioptimalkan hingga antrian data kependudukan tersimpan dalam system.

"Memang antara pemohon dan SDM yang ada tidak seimbang, karena ada pelayanan dilapangan hingga terjadi kelambatan. Jadi antara harapan dan pelayanan kami belum maksimal, walaupun ada regulasi, inovasi dalam pelayanan tapi ada kendalanya antara lain, masyarakat yang mengurus dokumen sudah mendesak kebutuhannya. Kemudian dokumen yang dibawah kurang lengkap sehingga  tidak dapat terlayani, dan siapa yang datang lebih awal tentu mendapatkan nomor antrian terbaru namun juga kemungkinan dokumen yang dibawah juga belum lengkap sehingga dia mendapatkan nomor antrian selanjutnya," ucap Rahman.

Pelayanan yang sudah terprogram secara online dan antrian dimana satu dokumen bisa terlayani hanya empat menit jika dokumen yang dibawah lengkap kalau tidak kembali lagi pada dokumen tadi, dan biasanya satu pemohon memiliki empat sampai lima dokumen jika dikalikan empat menit satu pemohon bisa menghabiskan waktu sekitar dua puluh menit bisa selesai misalnya dalam satu keluarga anaknya sudah merubah status dari lajang menjadi nikah sehingga yang akan dirubah KK orang tua menjadi baru dan juga KK sendiri maka lahirlah KK baru, kemudian pindan alamat dari sebelumnya kealamat baru jika tidak akan gagal dan itu baru saru dokumen memerlukan proses. Jika jaringannya normal maka pelayanan juga lebih cepat karena kita menggunakan system IT namun ketika jaringannya gangguan maka berpengaruh juga pada system pelayanan, ketika kita akan tambah SDM dan sarana maka konsekuwensinya penganggaran dan tidak mungkin ada alat tetapi tidak ada orang.

"Keterbatasan alat, tempat dan SDM menjadi kendala dan menyangkut pengurusan seluruh dokumen itu semuanya Gratis dan kami hanya berusaha memperkecil kendala yang ada, karena tujuan utama kami adalah membahagiakan masyarakat kabupaten gorontalo sehingga segala potensi yang kami miliki akan kami gunakan sebaik mungkin," ujar Rahman. (RH)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.