Suara Pembaharu ideas 2017

Brigjen Pol Drs. Rahcmat Fudail, M.H. Saat di Sambut
Dengan Adat  
Gorontalo, SuaraPembaharu.com- Pergantian pucuk pimpinan ditubuh polri terus bergulir, kali ini kapolda gorontalo Brigjen Pol Drs. Hengky Kaluara digantikan oleh Brigjen Pol Drs. Rahcmat Fudail, M.H. Penyambutan kapolda baru ini disambut dengan adat gorontalo dengan tema “Mo’odelo Ayuwa” dilanjutkan dengan penyambutan adat “Mopotilolo”. Penyambutan adat didahului dengan penyerahan secara simbolis dari polda gorontalo kepada ketua adat yang diwakili oleh AKBP Suleman Mile dan yang menerima penyerahan adat Mopotilolo adalah Bapak A.w Lihu  Bate limutu dan Bapak Karim Laiya  Bate Kota Gorontalo .

Lihat Juga: DPP IMM Tegaskan Tidak Turun Aksi 212

Rangkaian prosesi adat tersebut secara lengkap dilakukan dengan penuh hikmat dari depan gedung mapolda sampai kapolda menerima suguhan persembahan adat di dalam gedung 1 mapolda gorontalo .

Kapolda Pun disambut secara adat (Pohutu) yaitu dengan pemasangan kopia hitam oleh kepala adat, pemberian makanan adat yang bertujuan untuk memberikan kemakmuran kepada  anggota yang di pimpinnya, hal ini selalu dilakukan dalam menyambut pemipin yang baru.

Lihat Juga: LO Paslon Cagub-Cawagub Gorontalo, Sambangi Kantor KPU

Pada akhir rangkaian adat mopotilolo diwujudkan dengan dibunyikannya genderang adat pertanda prosesi akhir telah dilaksanakan yang dinamakan Hantholo lo lipu, Kemudian dilanjutkan dengan doa dan harapan akhir yang disampaikan Bapak A.w Lihu  bate limutu dan Bapak Karim Laiya  bate kota gorontalo bahwa telah sempurnalah sambutan adat dari 5 negeri adat yang ada di Provinsi Gorontalo, Semoga memperpanjang umur bapak dan ibu, semoga subur tanamannya, (Robby)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.