Suara Pembaharu ideas 2017

Foto Saat Pelaksanaan Sosialisasi Penguatan Pelaku Pendidikan Keluarga. 
Gorontalo, Suarapembaharu.com- Membentuk karakter dan kepribadian anak dalam kehidupan sehari-hari merupakan tanggung jawab orang tua, sebelum anak tersebut menjalankan pendidikan dan beradaptasi dengan masyarakat. Sehingga lewat sosialisasi membentuk perilaku pendidikan keluarga diletakkan sebagai awal untuk melihat seperti apa karakter anak tersebut berproses, dan lewat kegiatan seperti ini juga bisa menjadikan keluarga agar lebih memprioritaskan proses pertumbuhan anaknya ketika sudah berada dilingkungan yang luas. Walaupun saya masih baru sebagai kepala sekolah namun saya merupakan alumni dari sekolah ini sehingga tak asing lagi bagi saya untuk sekolah ini, ungkap kepala sekolah SMPN 1 Pulubala Rosma Isa dalam sambutannya pada kegiatan tersebut, kamis (17/11/2016).

Sementara itu dalam sambutan camat pulubala Hermanto Asona sangat memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut namun perlu saya ingatkan kepada kita semua, jangan mengatas namakan pungutan atas nama keikhlasan orang tua siswa sebab jumlah penduduk miskin yang ada dikecamatan pulubala sekitar 50%. Begitu tingginya kemiskinan masyarakat pulubala harus menjadi tanggung jawab pemerintah untuk segera menentaskan kemiskinan tersebut, misalnya lewat pemberdayaan kelompok dan lain-lain, sehingga secara berlahan-lahan kemiskinan tersebut mulai teratasi sehingga program penganggaran berbasiskan kemiskinan menjadi keharusan dimasa yang akan datang. Selain banyaknya masyarakat miskin juga penting bagi keluarga untuk membentuk karakter anak, tanpa peran penting orang tua karakter anak tak bisa bermanfaat sama sekali.

Dalam materi yang disampaikan oleh Ibu Toci Lamatenggo, lebih menitipkan pada tiga hal jika membentuk karakter anak tersebut antara lain keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat, selain itu juga kasih sayang orang tua dan atraksi anak dan orang tua juga sangat penting serta mengentrol proses perkembangan anak sangat diperlukan. Walaupun kita sudah hidup dalam modernisasi teknologi dan lain sebagainya tetapi jika peran serta orang tua terhadap anak itu lebih dominan maka hal apa saja masih bisa teratasi, jika hal tersebut sudah tak lagi dilakukan dalam karakter anak maka akan mempengaruhi karakter anak nanti sehingga dibutuhkan suatu paguyuban orang tua dari masing-masing kelas agar karakter anak nanti secara berlahan-lahan bisa terbentuk, (RH).

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.