Suara Pembaharu ideas 2018

Penulis : Indar Wijaya, Sekjen Pengurus Besar Ikatan Mahasiswa Indonesia Sulawesi Selatan Bidang Kemaritiman

Program sentra kelautan dan perikanan terpadu KKP adalah program yang sangat tepat dan solusi mensejahterkan nelayan di pulau-pulau terluar, hal ini sangat sejalan dengan visi poros maritim Jokowi-JK, bahwa akses ke pulau-pulau terluar tidak adalagi jarak sehingga tidak ada ketimpangan perekonomian terutama nelayan-nelaya kecil yang berada sangat terpencil.

Program PSKPT ini wujud pondasi dasar membangun kedaulatan NKRI, sebab pintu dan gerbang utama ancaman  berada di pulau-pulau terluar baik pencurian sumberdaya ikan ataupun perdagangan ilegal. Artinya dengan program ini, maka tingkat keamanan laut kita semakin terjaga. Hal ini karena PSKPT melibatkan nelayan-nelayan yang menjadi garda terdepan.

Selain itu pendapatan nelayan pulau terluar juga akan meningkat, sebab nelayan tidak sulit lagi menjual ikanya sampai membawa ke ibukota provinsi dan akses pasar nelayan kecil semakin besar yang menjadi wujud nyata mensejahterakan nelayan .

Adapun 15 pulau terluar yang masuk dalam program ini. Diantaranya adalah Simeulue, Natuna, Saumlaki, Sangihe, Merauke, Mentawai, Nunukan, Rote Ndao, Maluku Barat Daya, Tual, Timika, Biak, Sarmi, Morotai dan Talaud.

Keberadaan program ini harus terus didorong dan di evaluasi agar kekuranganya terus dibenahi sebab jika program ini berhasil maka perekonomian dipulau terluar akan semakin mensejaterkan nelayan kecil.

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.