Suara Pembaharu ideas 2018

Jakarta, suarapembaharu.com - Dukungan untuk  Gempita dalam rangka memanfaatkan Lahan Tidur terus mengalir, Seribuan Hektar lahan Inhutani III  Kabupaten  Tanah laut di Kalsel, ini mengerucut dalam pertemuan di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, (10/4).

Pertemuan yang dipimpin  Dirut PT.INHUTANI III Dr. Ir.Bambang Widyantoro, dan jajaran Direksi dihadiri M. Riyada Koordinator Nasional Gempita bersama  M.Rikval Fachruri, H. Cody Korwil Gempita Kalsel melakukan pertemuan intensif merealisasikan kerjasama Pemanfaatan lahan Inhutani.

Menurut Bambang Widyantoro, Diurut  Inhutani III jika Pertemuan merupakan respon positif Pimpinan Inhutani  atas Inisiatif menteri Pertanian mendorong regenerasi petani melalui pemanfaatan lahan tidur khusunya lahan Inhutani.

Pimpinan Inhutani III turut terpanggil untuk berkontribusi mewujudkan swasembada Pangan sebagaimana amanah Presiden Joko Widodo.  program Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) yang dicanangkan Mentan Amran dapat menguatkan Pertanian dengan pendekatan Kesejahteraan dan managemen Corporate Farming.  Ungkap Bambang Widyantoro.

"Dengan sistem tanaman sela di ribuan hektar lahan Inhutani III  khususnya di daerah Pelaihari tanah laut  akan dongkrak produktifitas jagung dan menguntungkan buat Inhutani," Pungkas Bambang

"Pemanfaatan lahan Inhutani yang difasilitasi Gempita melalui kelompok dan koperas Tani pemuda dengan penerapan modernisasi pertanian khususnya Program Tanam jagung," ujar Rikval Korwil Gempita Kalsel.

Tambahnya, Kami telah memetakan potensi lahan jagung di seluruh Kalimantan Selatan, prinsipnya  pemanfaatan Lahan tersebut  akan saling menguntungkan bagi semua Pihak.

"Dengan pola bagi hasil ini kita ingin pastikan keuntungan bagi semua yang terlibat, baik  pemuda yang bertani, Pemilik lahan dan bapak Asuh maupun pemerintah Daerah dan provinsi dapat beriringan mewujudkan Banua sebagai Lumbung Pangan Kalimantan dan Nusantara," tutur rikval

Modernisasi pertanian  salah satunya penerapan mekanisasi akan efektif dan ekonomis dilahan yang luas, seperti di lahan Inhutani ini.

Sahrul Setiawan

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.