Suara Pembaharu ideas 2018

Tutuyan, suarapembaharu.com - Kondisi  Jalan Nasional Buyat-Molobog-Ongunoi  sangat memprihatinkan, terutama yang di ruas jalan antara Desa Togid Kecamatan Tutuyan,  sampai dengan  motongkad, hampir tidak  dapat  di lalui kendaraan  apalagi Roda empat.
Kondisi jalan antara Desa Togid Motongkad 
Pantauan Suarapembaharu.com, ahir ahir ini,  kondisi jalan tersebut semakin membahayakan dan sangat mengganggu arus lalulintas, bahkan dalam dua hari terahir banyak kendaraan yang harus balik lagi dan tidak dapat melanjutkan perjalanan lantaran  kondisi jalan  rusak berat.

Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sahrul Abdul Muis mengatakan, sudah sebanyak tiga belas kali pihaknya melakukan penimbunan diruas jalan tersebut. Menurutnya, walaupun jalan tersebut kewenangan pihak Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sulut, pengguna jalan adalah masyarakat Boltim, sehingga pihaknya melakukan penanganan.

"Dari segi pengguna jalan rata-rata   masyarakat Boltim yang menggunakan,  sehingga mau-tidak mau kami melakukan penanganan. Kedua, anggarannya tidak ada yang dianggarkan untuk penanganan itu," ujar Muis kepada sejumlah awak media senin (10/4/2017).

Dia menjelaskan, sudah beberapa kali pihaknya melayangkan surat ke BPJN Sulut untuk kerja sama terkait penanganan jalan tersebut, namun tidak ada tanggapan sama sekali.

"Secara resmi surat yang dikirim tidak ada balasan. Bahkan disusul dengan via telepon, tidak ditanggapi. Mereka (BPJN-red) bilang belum ada anggaran," terangnya. "Bagitu dorang pe kewenangan torang pi aspal dorang marontak. Bagitu depe rusak, dorang nda perna marontak malahan lari samua dorang," ketus muis dengan logatnya.

Dirinya berharap pihak BPJN Sulut untuk sesegera melakukan penanggulangan terhadapkerusakan ruas jalan tersebut.

"Saya berharap pihak Balai agar proaktif  karena itu kewenangan mereka(BJNS-red). Bersukur pihak Kabupaten melakukan penimbunan walaupun tidak ada agarannya. Hal ini sangat mendesak untuk itu saya harap kepada pihak Balai Jalan Sulut untuk serius memperhatikannya," kunci mantan Kabid Binamarga Boltim ini.

Gunawan Mamonto

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.