Suara Pembaharu ideas 2018

Tutuyan, Suarapembaharu.com-
Banyak keluhan warga di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) beberapa bulan terakhir akibat proses pengurusan e- KTP mengalami hambatan. Pencetakan e-KTP tidak bisa dilakukan karena pemerintah pusat belum mengirimkan blanko E-KTP menjadi alasan Pemkab dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Kepala  Dinas Dukcapil Boltim, Rusmin Mokoagow saat ditemui awak suarapembaharu.com Rabu, (17/5/2017) mengatakan kondisi ini terjadi secara nasional.

Menurutnya, semoga hambatan ini tidak lagi terjadi karena hampir dipastikan blanko eKTP ini akan didistribusikan pemerintah pusat ke semua daerah di Indonesia, dan untuk untul Kabupaten Boltim diperkirakan bulan ini sudah tiba.

"Bulan ini blanko eKTP sudah tersedia. Pemkab Boltim mendapat jatah 2.000 blanko eKTP. Warga yang telah melakukan perekaman data kependudukan nantinya bisa mendapat eKTP," jelasnya.

Rusmin juga menuturkan jumlah blanko yang dikirimkan sesuai dengan print ready record (PRR), atau warga yang telah melakukan perekaman data kependudukan yang telah siap dicetak.

"Di Boltim saat ini data yang telah siap cetak sebanyak 1.128 penduduk. Jika blanko eKTP ini telah ada maka akan langsung dicetak untuk dibagikan pada warga," tambahnya.

Selanjutnya Rusmin mengatakan pencetakan eKTP yang dimaksud hanya khusus warga yang melakukan perekaman data kependudukan yang datanya telah terkirim ke pemerintah pusat.

"Ada sekitar 1.000 warga yang telah melakukan perekaman data kependudukan namun datanya belum masuk ke pemerintah pusat. Datanya telah ada namun baru akan dikirimkan. Umumnya warga yang masuk kategori ini baru melakukan perekaman data. Kami belum bisa mencetak e-KTP dan hanya bisa memberikan surat keterangan," pungkasnya.

Pencetakan eKTP pada warga yang datanya belum PRR tetap akan dilakukan, namun harus menunggu pengiriman blanko eKTP susulan. (Gunawan mamonto)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.