Suara Pembaharu ideas 2017

Bitung, Suarapembaharu.com  Tambang mineral bukan logam,.atau lebih dikenal dengan sebutan Galian C, selama ini terus menuai pro kontra ditengah masyarakat Kota Bitung.

Banyak masyarakat yang merasa gerah dan menolak aktivitas galian C dengan alasan merusak lingkungan hidup. Akan tetapi, banyak juga yang mendukung dengan alasan yang juga logis, yakni demi kelangsungan pembangunan dan dapat menyerap tenagakerja.

Sebagai daerah yang kaya akan sumber daya alam berupa pasir yang memiliki kualitas terbaik, Kota Bitung tidak pernah sepi dari aktivitas penambangan galian C. Baik untuk kebutuhan Kota Bitung, Sulut, maupun yang dikirim keluar Sulawesi Utara.

Selama ini, yang dipertanyakan sejumlah aktivis adalah regulasi yang mengatur galian C ini tidak tepat. Menurut Sanny Kakauhe, Pemrov Sulut melalui Dinas ESDM yang punya otoritas mengeluarkan izin dianggapnya tidak paham dengan apa yang terjadi.

" Seharusnya, izin tambang galian C itu dikeluarkan oleh Wali Kota. Karena yang paling paham kondisi daerah itu Wali Kota, bukan Gubernur melalui dinas ESDM Provinsi, " jelasnya, Senin (28-5-2017).

Reporter: Yaser Baginda
Editor: Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.