Suara Pembaharu ideas 2017

Boltim, Suarapembaharu.com - Indonesia adalah negeri yang memiliki ratusan, bahkan mungkin ribuan cerita rakyat. Ada yang berupa cerita turun temurun dan menjadi legenda, ada juga hanya merupakan cerita rakyat yang tidak disertai fakta, namun dipercaya kuat oleh masyarakat setempat sebagai sesuatu yang sakral ataupun keramat.

Hal ini juga terjadi disalah satu Desa yang jaraknya 45 Menit dari ibukota Kabupaten Bolaang Mongondouw Timur (Boltim) Tutuyan. Tepatnya berada di Desa Bukaka. Sebuah Lesung Batu yang memiliki tinggi kurang lebih 60 Cm dab lebar 70 Cm dan diyakini oleh Habi Imban (70) Kakek yang menemukan pertama kali Lesung Batu tersebut memiliki kekuatan.

Lesung Batu raksasa yang saat ini tepat berada disamping kediaman Opa Imban ini, dahulunya ditemukan disalah satu lokasi proyek pembuatan Balai Benih Ikan (BBI) tak jauh dari kediaman orang tua tersebut. Saat ini, Pemerintah Desa Bukaka telah membagun pondok dari kayu dan beratap seng, untuk melindungi Lesung raksasa itu dari hujan dan panas.

"Saya menemukan Lesung Batu ini tahun 2015, sewaktu itu ada pekerjaan membangun BBI (balai benih ikan)," jelasnya kepada awak media ini, Rabu (31-5-2017).

Menurut Imban lagi, awalnya Lesung Batu itu tidak bisa dipindahkan, sekalipun menggunakan alat berat eksavator.

"Sayapun mendekat, lalu melihatnya. Ternyata itu adalah Lesung terbuat dari batu. Kemudian Saya hanya berdoa meminta kepada Indeh Dou (Sang Maha Pencipta, Red) untuk diberi izin mengangkat batu ini," jelasnya lagi.

Dan, usai dirinya berdoa, lesung itu terangkat. Operator eksavator langsung memindahkannya di samping rumah Imban hingga saat ini.

"Pernah sekali waktu pemerintah Desa ingin memindahkan Lesung itu. Akan tetapi pada malamnya Istri saya mendapat mimpi, jika Lesung Batu ini dipindakan maka akan dapat musibah," jelasnya dengan nada lirih.

Kemudian mimpi itu diceritakan kepada Sangadi (Kepala Desa, Red). Maka sejak itu niat untuk pindah ke Kantor desa sudah tidak ada. Menurut Imban, setiap malam jumat selalu terdegar suara seperti orang menumbuk sesuatu di Lesung Batu, kejadian itu hingga sekarang.

"Karena sudah terbiasa dengan bunyi itu, jadi tidak kaget. Adapula Lesung batu itu sampai sekarang hanya dipakai keluarga kami, untuk menumbuk padi, tepung serta kopi atau lainya. Untuk menumbuknya mengunakan kayu dengan panjang 1,5 meter," ungkapnya.

Bahkan, menurut Imban lagi, Lesung Batu tersebut memiliki kembaran dan saat ini masih berada di kebun Iloba, Desa Bukaka. Jaraknya agak jauh di hutan.

"Posisinya saat ini miring. Sudah banyak warga di sini. Membuatnya lurus, akan tetapi besok kembali miring lagi, " pungkasnya.

Sementara Sangadi Bukaka Arfan Ibrahim mengatakan, memang Lesung Batu ini pernah didatangi Arkelog dari Gorontalo dan Manado.

"Mereka mengatakan bahwa memang benar ini asli terbuat dari batu, oleh orang Indeh atau Dotu," jelas Arfan.

Kata dia, mereka hanya mengambil sampel batu ini dan dicocokan dengan gunung batu tersebut dan hasilnya sama persis. Jadi batu ini memang berasal dari Boltim.

Reporter : Gunawan Mamonto
Editor: Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.