Suara Pembaharu ideas 2017

Boltim, Suarapembaharu.com - Pencemaran 6 sungai yang ada di Kabupaten Boltim, sepertinya harus diseriusi oleh pemerintah setempat. Karena, penyebab pencemaran ini adalah kegiatan pertambangan emas ilegal yang marak didaerah tersebut. Bahkan, kekhawatiran masyarakat atas dampak dari pencemaran itu akan terulang apa yang terjadi didaerah tetangga kabupaten paling timut Bumi Totabuan itu. Yakni, Kecamatan Ratotok, Kabupaten Minahasa Tenggara beberapa tahun silam akibat limbah berbahaya yang mengandung merkuri dan digunakan dalam proses pengolahan emas.

Salah satu warga Kotabunan Ngadiman (56) mengatakan, mengenai sungai tercemar memang sudah sejak lama ada. Apalagi jarak sungai dan sumur sekitar 5 meter saja.

"Saya takut mengkonsumsikan air sumur karena jaraknya terlalu dekat. Untuk kehidupan sehari-hari memakai air yang berasal dari PDAM, " jelasnya kepada awak media ini beberapa waktu lalu.

Selain itu, kegiatan usaha tahu dan tempe miliknya sampai saat ini tidak lagi menggunakan air dari sumur yang ada. Karena, pria paruh baya ini takut jangan sampai produksi tahu tempe miliknya terkontaminasi dengan bahan berbahaya yang berasal dari sungai yang ada didaerah itu.

" bukan hanya dikomsumsi, setiap hari saya juga gunakan air PDAN untuk memproduksi tahu dan tempe yang merupakan usaha saya sehari hari, " jelasnya.

Reporter: Gunawan Mamontoh
Editor: Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.