Suara Pembaharu ideas 2017

Sulawesi Utara, Suarapembaharu.com -Perikanan kolaps. Itulah ungkapan yang semakin sering didengar, utamanya dari pelaku di industri yang puluhan tahun menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara.

Semua berawal pada tahun 2014 silam, ketika Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti menerapkan kebijakan yang menjadi "Bom Nuklir" bagi industri perikanan di Sulut, khususnya Kota Bitung sebagai pusat industri tersebut.

Setelah dua tahun lebih berlalu, imbas dari kebijakan itu telah meluluhlantakan separuh unit pengolahan ikan yang selama ini beroperasi. Kurangnya pasokan bahan baku ikan, membuat unit unit pengolahan ikan ini memilih gulung tikar dan berefek pada pemutusan hubungan kerja secara sporadis.

Pro kontra pun bermunculan, peraoalan perikanan yang menderah, bagai dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Dukungan terhadap kebijakan Menteri Susi begitu besar yang datang dari nelayan kecil yang bertahun tahun tidak pernah menikmati " uang besar",akibat dominasi industri perikanan tangkap raksasa yang menguasai hampir 90 persen lautan. Tetapi, disisi lainnya, pengusaha dan pelaku industri perikanan yang didalamnya berkumpul para pengusaha perikanan, buruh di industri perikanan merasa kebijakan tersebut telah membuat "asap dapur" mereka tidak lagi bisa mengepul.

Mencermati hal itu, Komisi II DPRD Provinsi Sulawesi Utara akan mendesak Gubernur Sulawesi Utara untuk segera menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) sebagai langkah awal dan kemudian di buat Peraturan Daerah (Perda) tentang perikanan tangkap.

" langkah awal  komisi 2 akan mendesak pak gubernur sulut untuk menerbitkan pergub dulu kemudian akan di perdakan tentang perikanan tangkap. Saya akan berusaha supaya persoalan perikanan di sulut kembali berjaya dan masyarakat nelayan sejahtera, pengusaha perikanan berjaya kembali. Mohon doanya, " jelas Noldi Lamalo salah satu pentolan yang juga merupakan Wakil Ketua Komisi II itu disalah satu media sosial, Rabu (7-6-2017).

Reporter : Nanang Noholo

Editor : Arham Licin

Foto: Rapat komisi II DPRD Sulut dengan Dinas Perikanan Kelautan Sulut

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.