Suara Pembaharu ideas 2017

Boltim, Suarapembaharu.com - Kondisi Pasar Baru Kotabunan Selatan (Kotsel) sungguh memprihatinkan. Sejumlah pedagang mengeluhkan tak adanya air difasilitas umum yang menelan anggaran miliaran rupiah tersebut.

Hal tersebut membuat  pedagang yang sudah mulai berjualan di pasar baru itu mengaku kesulitan air dan
kamar mandi belum bisa difungsikan karena ketiadaan air, ditambah lagi  fasilitas umum seperti WC sangat minim sehingga banyak pedagang memilih mandi di rumah warga terdekat serta di Desa tetangga.

"Kadang kalau mau mandi dan  buang air besar, harus ke Desa Kayumoyindi karena WC disini (Pasar Senggol-red) tidak ada air, begitu juga kalau mau ambil air wudhu para pedagang sangat kesulitan," ujar Kiki salah seorang pedagang yang mengaku sudah berjualan sejak sebulan lalu itu.

Nada yang sama diungkapkan Anu, penjual makanan. Kata dia, setiap buang air besar maupun kecil, harus mengeluar uang karena WC yang akan digunakan harus dibayar sebab hanya meminjam WC  kewarga yang ada disekitar pasar.

Padahal lanjut dia, fasilitas kamar mandi pasar sangat baik tapi tidak terawat.

Sementara Ketua  panitia Pasar Senggol (PS) Mat Makalalag mengungkapkan, sangat prihatin dengan kondisi pasar senggol. Kata Dia, fasilitas umum memang ada tapi tidak dapat difungsikan karena tidak adanya ketersediaan air. Dia mengaku sebagai panitia Pasar Senggol sangat kecewa dengan kondisi itu.

"Waktu Pasar Senggol dilaksanakan di Kotabunan Induk, semua fasilitas kami disediakan dan pedagangpun merasa nyaman. Tapi disini (Kotsel-red) semua pedagang mengeluh," kata Mat Makalalag, Kamis (23-6-2017).

Dia menambahkan, tahun depan jika PS masih akan digelar di Kotsel, otomatis pedagang sudah tidak mau berjualan.

"Pedagang sobilang, kalu pasar senggol masih mo bekeng di Kotabunan Selatan, dorang sonimau bajual di sini (Kotsel-red), " tandasnya.

Reporter : Gunawan Mamonto
Editor : Arham Licin

Foto:pedagang dan ketua panitia pasar sengol

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.