Suara Pembaharu ideas 2017

Boltim,Suarapembaharu.com - Kerusakan alam akibat ulah manusia, sepertinya terus terjadi. Kali menimpah 6 aliran sungai di Kabupaten Bolmong Timur yang dinyatakan tercemar dan tidak lagi bisa dipergunakan untuk kebutuhan masak, mandi, dan minum oleh warga yang bermukim disekitarnya.

Ke 6 aliran sungai di Boltim yang sudah tercemar tersebut adalah  Kotabunan, Togid, Modayag, Nuangan, Molobog serta Motongkad. Hasil ini diterima oleh Dinas Lingkungan Hidup Boltim dari Laboratorium Air Manado pekan lalu.

"Kami telah menerima hasil ini minggu lalu. Hasilnya akan diteruskan kepada bapak Bupati sebagai pelaporan yang diterima dari Laboratoriun di Manado," ujar  Kepala Dinas DLH Boltim Darwis Lasabuda, di Kantor DLH Rabu (31-5-2017).

Kata dia, sampel ini didapat dari tiga titik yakni hulu, hilir dan muara. Dan keenamnya mengandung sianida 0,6 %, kemudian Almunium 00,3%, timah 00,3%, besi 00,3%. Sedangkan kandungan mercuri 0,06% sampel ini diambil dari titik pengolahan, untuk di hulu berkisar 0,01%.

"Dari hasil ini, maka kami menghimbau kepada masyarakat, agar tidak mengkomsumsi air untuk mandi, gosok gigi dan minum. Sedangkan untuk pertanian dan perikanan masih bisa digunakan, " jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan memberikan surat himbauan kepada masyarakat, agar tidak memakai bahan berbahaya dalam mengelolah tambang. Karena dari enam sungai sebagian besar tambang rakyat berada dijalur itu, dan Jika tidak ditanggapi akan ditutup.

Reporter: Gunawan Mamonto
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.