Suara Pembaharu ideas 2017

Boltim, Suarapembaharu.com -Sebanyak  3000 an warga Kabupaten Boltim masih memegang surat keterangan penganti kartu tanda penduduk (KTP).

"Yah memang sampai sekarang saya  masih memegang surat keterangan penganti KTP untuk dipakai mengurus berkas atau lainnya," jelas Agus Kesek warga Mooat, Kamis(20-7-2017) kepada awak media ini.

Menurut Agus, dirinya sudah sejak lama melakukan perekaman. Akan tetapi pihak Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil hanya memberikan surat keterangan pengganti KTP yang punya masa berlaku.

"Kesulitannya saya harus balik lagi ke Tutuyan untuk perpanjang surat keterangan jika sudah habis waktunya, " jelasnya lagi.

Lanjutnya untuk memperpanjang surat tersebut, pria ini harus mengeluarkan uang trasportasi dan makan. Sebab jaraknya antara Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan desa tempat tinggalnya lumayan jauh.

" Saya harus merogoh kocek untuk transport setiap ke Tutuyan untuk mengganti surat keterangan itu yang membuthkan waktu tempuh 1 jam 15 menit perjalanan, " pungkasnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Rusmin Mokoagow mengatakan, memang warga masih memegang surat keterangan, namun akan diusahakan supaya bisa secepatnya dapat KTP.

"Saya tiap hari berkoordinasi dengan pihak kementerian mengenai KTP. Alasan mereka Server penunggalan NIK masih bermasalah," ujar Rusmin Mokoagow.

Kata dia, warga tak perlu khawatir, jika alat tersebut sudah selesai, maka pasti akan segera mendapat KTP.

Rusmin mengatakan waktu lalu dari pihak Dirjen sudah janji bahwa akan selesai bulan Juni, tapi sampai sekarang masih belum ada kejelasaannya.

Tambah dia, jumlah penduduk yang memiliki KTP 82,68 persen dari 51.117 jumlah penduduk yang berhak dapat Kartu tanda penduduk. Jumlah ini belum terhitung warga yang sudah melakukan perekaman tapi masih memegang surat keterangan.

Reporter : Gunawan Mamonto
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.