Suara Pembaharu ideas 2017

Bolmong, suarapembaharu.com - Sejak PT. Conch North Sulawesi Cement dan PT. Sulenco Bohusami Cement membangun pabrik pertambangan semen di Desa Solog Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow telah menimbulkan banyak pertanyaan dan keresahan warga sekitar.


Keresahan warga bukan tanpa alasan pasalnya, perusahan belum memiliki izin sebagaimana diwajibkan dalam aturan Undang-undang nomor 4 Tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara.

Ketua Umum DPP IMM Taufan Putra Revolusi Karompot, mengungkapkan perusahan tersebut belum memiliki izin namun sudah berani melakukan aktifitas konstruksi.

"Dari hasil advokasi IMM Sulut menemukan fakta bahwa perusahan tersebut belum memiliki izin baik itu WIUP, IUP ekpolerasi, apalagi IUP operasi," ungkapnya.

Ia juga menambahkan pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow telah menghentikan operasi Perusahaan Semen Conch di Bolaang Mongondow. Namun tak sedikit juga yang menentang langkah dari Pemkab ini.

"Saya kira apa yang dilakukan oleh Pemkab, adalah langkah patrioritik dengan semangat Nasionalisme yang patut didukung, sehingga menjadi role Model bagi pemerintah di seluruh daerah se-Indonesia, bahkan Oleh Pemerintah Pusat. Bahwa korporasi asing tak boleh mengeruk SDA bangsa," jalas Tofan.

Dengan cara-cara yang sewenang-wenang dan melanggar hukum, bahwa negara tak boleh kalah dari Korporasi. Perusahaan yang sewenang-wenang, layak dihentikan bahkan diusir dari Indonesia.

"Negara akan berdaulat jika pemerintah tegas dan memperhatikan nasib rakyat. Bukan sebaliknya, pro korporasi," tutup Ketua Umum DPP IMM.

Reporter :
Editor      : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.