Suara Pembaharu ideas 2017

Bitung, Suarapembaharu.com - 136 orang jamaah calon haji (JCH) asal Kota Bitung akan berangkat ke tanah suci Mekkah pada Musim haji tahun 2017 ini melalui embarkasi Balikpapan, Kaltim.

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bitung Ulyas Taha, pemberangkatan jamaah calon haji asal Kota Bitung yang tergabung dalam kloter 12 embarkasi Balikpapan akan dilepas pada 12 Agustus 2017.

" Kloter 12 Jamaah Calon Haji asal Kota Bitung akan dilepas dari Masjid Ribathul Qulub, " jelas Taha saat dihubungi melalui sambungan seluler, Selasa (1-8-2017).

Sedangkan terkait isu miring adanya jemaah haji "Siluman" asal luar Kota Bitung yang mengisi kuota haji didaerah ini, Ulyas Taha membantah hal itu. Menurutnya, memang ada jamaah haji asal Makassar yang berangkat dari Kota Bitung, tapi itu bukan siluman, itu Jamaah Calon Haji yang mendaftar secara resmi sejak beberapa tahun lalu, dan saat mereka mendaftar menggunakan KTP Kota Bitung. 

" Kami menerima pendaftaran jamaah calon haji itu jika persyaratan mereka lengkapi, termasuk memiliki KTP Bitung. Tapi dikemudian hari ditemukan ternyata mereka berasal dari luar daerah, itu bukan kewenangan kami untuk mempertanyakan keabsahan Kartu Tanda Penduduk yang mereka miliki. Itu ranahnya Catatan Sipil, " jelas Taha lagi. 


Selain itu, Ulyas Taha juga membantah isu yang mengaitkan kepindahan Penuelenggara Haji Kemenag Kota Bitung sebelumnya Tahir Mustafa dengan banyaknya Jamaah Calon Haji asal daerah lain yang mengisi kuota haji Kota Bitung. 


" Tidak ada hubungannya kepindahan Pak Tahir dengan hal itu. Beliau yang meminta pindah ke Ternate. Sekarang diganti oleh Kisman Sangkilang selaku PLH Penyelenggara Haji, " pungkas pria yang juga adalah adik kandung Wali Kota Gorontalo ini. 

Reporter : Yaser Baginda

Editor : Arham Licin


 

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.