Suara Pembaharu ideas 2017

Boltim, Suarapembaharu.com -
Delapan orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Boltim diberhentikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) karena dinilai pernah dihukum.

Hal ini Sesuai Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Memang dalam PP nomor 11 tahun 2017 dijelaskan bahwa ASN pernah dihukum, harus diberhentikan secara tidak hormat . Masalahnya delapan ASN di Boltim melakukan kesalahan sebelum adanya peraturan pemerintah ini, masih mengacuh ke PP lama," ujar Anggota DPRD Boltim Komisi I Sofyan Alhapsi menanggapi pemecatan delapan ASN tersebut, Rabu (16-8-2017).

Menurutnya, Peraturan Pemerintah nomor 5 tahun 2014,  mencantumkan bahwa ASN dipecat, jika masa hukuman paling singkat 2 tahun, sedangkan kedelapan PNS tersebut kurang dari 2 tahun.

"Maka saya minta BKN, jangan jadi institusi pengadil lagi di negeri ini dengan menghukum orang untuk kedua kalinya, dengan memecat," kata Alhapsi.

Lanjutnya, kedepan DPRD dan Pemerintah Kabupaten akan menyurat ke  Kementerian mengenai masalah ASN yang bermasalah ini.

Sementara Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sehan Landjar, mengatakan, sudah menerima surat dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Saya sudah menerima sembilan kali surat dari Provinsi dan BKN tentang pemberhentian PNS di Boltim," ujar Sehan Landjar.

Sehan menambahkan bahwa surat tersebut langsung direspon dengan mengutus Sekretaris Daerah, untuk melakukan pertemuan dengan pihak BKN. Hasil dari kunjungan itu, ke delapan PNS harus diberhentikan.

Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur bersama Legislatif berupaya menemui Kementerian untuk menanyakan langsung status ke delapan ASN ini. Karena hal tersebut berkaitan erat dengan pembayaran gaji kedelapan ASN tersebut.

" ASN  juga bagian dari warga negara, maka pasti punya hak yang sama dengan warga negara lainnya, " Pungkas Sehan.

Reporter : Gunawan Mamonto
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.