Suara Pembaharu ideas 2018

Bitung, suarapembaharu.com - Cuaca buruk yang mengakibatkan KM Baku Sayang tenggelam diperairan Tagulandang membuat 23 orang ABK terbawah arus laut.

Kapten Kapal Herry Sikome menjelaskan kronologis kapal tenggelam Sabtu, (19-08-2017), sekitar pukul 23:00 Wita kapal mulai masuk air karena papan kapal terangkat dihantam ombak.

Kapten Kapal Herry Sikome

"Kapal kami dihantam oleh gelombang laut yang besar, kemudian papan dari badan kapal terangkat sehingga air mulai masuk. Kami pun berupaya mencoba menggunakan alkon untuk mengeluarkam air yang masuk, namun tidak mampu karena air begitu cepat masuk kedalam kapal." kata Herry.

Karena air sudah mulai memenuhi kapal, ABK semua melompat dan yang lain naik rakit dan life raft.

"Kami terpisah karena arus laut yang kuat, saya melihat ada kapal yang jaraknya kurang lebih 2 mil, dengan menggunakan kaca saya memberikan kode SOS ke arah kapal itu." ucapnya.

Namun sebelum kami di tolong oleh kapal itu, Medy Bukunusa salah satu ABK KM. Baki Sayang 03 berenang dengan menggunakan sterefom penutup palka mencari daratan.

"Medy salah satu ABK berenang untuk menemukan daratan agar bisa mendapatkan bantuan." kata Herry.

Sementara itu Medy mengungkapkan bahwa, dia sengaja berenang ke daratan agar bisa mendapatkan pertolongan.

"Saya berenang kedaratan agar bisa mendapat pertolongan, saat berenang saya terus dibawa arus, dan untungnya saya mencoba berenang menuju pulau makalehi agar tidak terseret arus laut lebih jauh lagi." Beber Medy.

Beruntung saya melihat ada 2 perahu nelayan yang sedang mencari ikan pada siang hari, sehingga saya berteriak meminta tolong kepada mereka.

"Dan kemudian saya di tolong dan dibawah kerumah mereka, setelah saya di rawat di rumah mereka, saya langsung dibawah ke rumah sakit untuk penanganan medis." Jelasnya.

Reporter : Yaser Baginda
Editor      : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.