Suara Pembaharu ideas 2017

Sulut, Suarapembaharu.com -Perintah dan gagasan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo melalui aksi 171717 yakni Murojaah atau Doa bersama,Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito mengajak dan menghimbau seluruh jajaran Kodam XIII Merdeka, Pemerintah Daerah dan Masyarakat di Provinsi Sulut, Sulteng dan Gorontalo bersama-sama terlibat dan mensukseskan gerakan moral nasional ini.

Penegasan ini disampaikan Pangdam XIII Merdeka melalui Kepala Penerangan Kodam XIII Merdeka Kolonel Inf Andi Suryadharman, Selasa (15-8-2017).

Aksi 171717 dilingkungan TNI merupakan acara doa bersama yang dilaksanakan dalam rangkaian HUT Proklamasi ke-72 Tahun 2017, yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus, pukul 17.00 tahun 2017 diseluruh rumah ibadah se-Indonesia.

Aksi 171717 berpedoman tiga hal penting yakni.
Dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 disebutkan bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia bisa tercapai “atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas,maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaanya,” sehingga kemerdekaan ini diakui oleh semua pejuang sebagai berkat Rahmat dari Allah,Tuhan Yang Maha Esa.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman agama, etnis dan budaya. Kekayaan tersebut selalu mampu kita jaga dan selalu mendapatkan perhatian dan apresiasi dari negara-negara lain.Hal tersebut merupakan salah satu cermin kepribadian bangsa Indonesia yang bermartabat, sekaligus menjadi amanah bagi bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar dan berdaulat.

Atas dasar pemikiran tersebut di atas, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo bersama seluruh Prajurit TNI dan berbagai elemen masyarakat Indonesia lintas agama, etnis dan budaya, pada tanggal 17 Agustus 2017 Pukul 17.00 WIta, akan menggelar aksi "Doa Bersama" di seluruh markas satuan-satuan TNI di Indonesia sebagai wujud rasa syukur dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Adapun tujuan “Aksi 171717” yakni.
Untuk mengkonkritkan sila pertama dari Pancasila“Ketuhanan Yang Maha Esa”.Kita pahami Bersama bahwa semua agama yang ada di Indonesia mengajarkan tentang cinta kasih,kasih sayang hubungan antara manusia dan Tuhan,manusia dengan sesamanya dan manusia dengan lingkungan (alam sekitar).Oleh karenanya,doa ini didesain untuk bersama-sama kita memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar bangsa Indonesia ini ke depan lebih kasih sayang.

Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena kita ketahui bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia ini diperoleh “atas berkat rahmat Allah Tuhan Yang Maha Kuasa dan juga oleh dorongan keinginan luhur para pendiri bangsa ini untuk menjadikan Negara Indonesia,Rakyat Indonesia, merdeka,bersatu, berdaulat, adil dan makmur.”

Kita mendoakan arwah para pahlawan pejuang yang telah memerdekakan rakyat Indonesia ini dari penjajahan dan juga kita berdoa untuk para pemimpin dan rakyat Indonesia sehingga ke depan Indonesia dapat mencapai tujuan nasionalnya sesuai dengan amanah Undang-Undang Dasar 1945.

“Seluruh Prajurit TNI dan segenap elemen masyarakat Indonesia; dengan satu konsep pemikiran bahwa kalau jutaan rakyat Indonesia berdoa bersama-sama dengan penuh ketulusan,keikhlasan dan kesungguhan,mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Kuasa akan mengabulkannya.”ungkap Ganip sambil menegaskan rencana kegiatan ini telah telah dikordinasikan dengan instansi terkait, tokoh Agama serta seluruh stakeholder serta disosialisasikan secara luas.

Reporter : Adi SP
Editor : Arham Licin
Foto: (ist) Mayjed TNI Ganip Warsito

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.