Suara Pembaharu ideas 2017

Boltim, Suarapembaharu.com -
Pukul 10.00 Wita, batu besar di Tanjung Desa Kotabunan Selatan,Kecamatan Kotabunan,Kabupaten Boltim hampir menimpah bagian dapur rumah keluarga Kodu Papali.

Rumah yang jaraknya hanya beberapa meter dari tepi tebing yang terus mengalami longsor itu, nyaris saja ambruk saat sebongkah batu besar menggelinding kebawah.

Selain rumah keluarga Kodu-Papali, satu rumah yang bersebelahan dengan rumah keluarga tersebut, yakni milik keluarga Sarundajang-Kaunang juga hampir saja hancur dihantam bongkahan batu besar, Selasa (1-8-2017).

Karena jarak antara kedua rumah ini dekat dengan pusat longsor, maka pemerintah melalui Sangadi Kotabunan Selatan menginstruksikan kepada kedua keluarga untuk mengungsi.

"Saya lihat memang sangat rawan untuk keluarga Kodu-Papaile dan Sarundajang - Kaunang untuk terus menetap di sini. Maka saya perintahkan untuk mengungsi, " jelas Sangadi Kotabunan Selatan Rengga Paputungan kepada awak media ini dilokasi longsor.

Menurut Rengga, longsor susulan kemungkinan akan masih berlanjut, karena seluruh batu yang ada diatas bukit tersebut sudah hampir longsor.

" ini akan terus berlanjut, karena seluruh batu dan tanah sudah hampir longsor (tagantong). Danangin yang terus bertiup mempercepat prosesnya, " jelas Rengga.

Sementara itu, Tomy Kodu saat diwawancarai meminta pemerintah untuk secepatnya menangani longsor yang terus terjadi dijalur tersebut.

"Mungkin nanti ada orang yang korban, baru akan diperhatikan atau bagaimana?," ujarnya Tomy Kodu dengan nada tanya.

Untuk menghindari hal hal yang tak diinginkan, untuk sementara kedua keluarga tersebut harus mengungsi dulu ke rumah keluarga maupun kerabat mereka.

" Biar aman kita mengungsi dulu lah, sambil menunggu adanya penanganan serius dari pemerintah, " pungkas Tomy.

Reporter : Gunawan Mamonto
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.