Suara Pembaharu ideas 2017

Boltim, Suarapembaharu.com -Sulitnya mendapatkan air bersih di Desa Molobog, Kecamatan Motongkad, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur membuat pemerintah desa melakukan sistem pembagian air secara buka tutup.

Penyaluran dengan sistem buka tutup ini dilakukan pemerintah desa, agar air bersih terbagi secara merata keseluruh warga desa.

"Jadi air hanya mengalir satu hari satu kali. Itu juga hanya berlangsung selama 1-2 jam. Karena sistemnya seperti itu, kami beri nama air jam-jam," ujar Inra Kandouw salah satu warga, Senin (21-8-2017).

Ditambahkannya, air bersih hanya mengalir antara Pukul 06.00-08.00 Wita. Jadi masyarakat berlomba-lomba untuk bangun pagi dan mengantri di bak penampung.

"Kalau terlambat bangun, maka pasti sudah tidak akan mendapat air, nanti besok lagi," ungkapnya.

Sangadi Molobog Barat Lukman Mamonto yang diwawancarai mengatakan bahwa daya tampung bak ukuran 4x6 meter hanya mampu untuk mensuplai air sehari itupun untuk mengisi bak penampungan membutuhkan waktu semalam.

"Air hanya berjalan satu hari sekali. Kemudian hanya pagi. Maka jadwal ini sudah diketahui oleh dua desa di Molobog bersatu yakni Molobog Induk dan Barat,"ujar Lukman.

Kedepannya, pemerintah desa akan menganggarkan lewat dana desa untuk pengadaan air bersih sebesar Rp409 juta.

" Jika rencana ini terealisasi, kedepan penyaluran air bersih, sudah tidak lagi akan memakai sistem jam-jam dan mengantri dengan galon atau ember. Karena pipanya masuk ke tiap rumah," jelasnya.

Dan penyaluran air bersih ke rumah-rumah, nantinya akan diatur untuk biaya pemeliharaan tiap bulan sebesar Rp10 ribu setiap rumah.

Reporter : Gunawan Mamonto
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.