Suara Pembaharu ideas 2017

Bolsel, Suarapembaharu.com -Indonesia dengan berbagai kekayaan yang dimiliki, baik kekayaan sumber daya alam, kuliner, maupun budaya yang dimiliki menjadi salah satu khasanah keberagaman negeri yang sebut oleh para pujangga sebagai Zamrud di Khatulistiwa ini.

Ragam suku dan budaya yang ada, akhirnya melahirkan beragam tradisi yang terus dipegang dan dijaga oleh masyarakat Indonesia. Seperti sistem kekerabatan serta kebersamaan yang sudah menjadi kebiasaan ditengah masyarakat dan terus terjaga sampai saat ini di tengah masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Daerah yang berada diperbatasan dengan Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo ini masih mempertahankan sistem kebersamaan atau gotong royong yang dikenal dengan "Pogogutat" atau dalam bahasa Indonesia "Sokongan" atau gotong royong.

Pogogutat atau sokongan ataupun gotong royong ini dikenal oleh masyarakat Bolsel, khususnya warga Pinolosian sejak dulu dan diterapkan sejak zaman kerajaan Bolaang Mongondow. Hal ini dilakukan oleh warga kepada warga lainnya yang terkena musibah. Seperti sakit, berduka, ataupun yang sedang melaksanakan hajatan. Seperti pesta pernikahan.

" Pogogutat/ sokongan atau  sumbangan masyarakat ini bisa dalam barang seperti beras, hingga perabot rumah tangga. Dan ini dilakukan bergiliran oleh warga baik saat ada duka maupun acara suka, " jelas Faris Panigoro (44) warga Desa Pinolosian, Kecamatan Pinolosian, Kabupaten Bolsel yang berbincang dengan awak media ini, Rabu (2-8-2017).

Namun, Faris menambahkan, tradisi gotong royong atau Pogogutat ini semakin hari semakin berkurang tergerus oleh perkembangan zaman. Akan tetapi, sebagian dari nilai nilai Pogogutat masih terus dilestarikan.

" Memang ada sejumlah warga, khususnya dikalangan muda yang sudah tidak lagi terlalu peduli dengan tradisi gotong royong atau Pogogutat ini. Namun, mereka tetap tahu dengan tradisi ini dan mengerti nilai nilai yang terkandung didalamnya, " pungkas Indo sapaan akrab Faris.

Reporter : Syamparuddin
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.