Suara Pembaharu ideas 2017

Bitung, Suarapembaharu.com -Lesunya dunia perikanan yang dirasakan oleh pelaku usaha dan berimbas pada berkurangnya tenagakerja di sektor andalan Kota Bitung ini disebabkan minimnya stok bahan baku ikan kesejumlah Unit Pengolahan Ikan (UPI).

Salah satu perusahaan yang terdampak adalah PT Delta Pasific Indotuna. Dengan alasan tidak punya stok bahan baku, perusahaan ini dengan terpaksa melakukan pengurangan tenagakerjanya. Namun, hal itu sepertinya akan segera teratasi.

Perum Perikanan Indonesia dan PT Delta Pasific Indotuna telah melakukan kerjasama jual beli ikan dengan target 3000 ton/tahun.

Menurut Kepala Cabang Perum Perindo Sulut Indar Wijaya, tujuan kerjasama ini untuk mendorong BUMN dan swasta bekerjasama membangun sektor hilir perikanan. Dan Perum Perindo siap menyuplai bahan baku kebutuhan UPI di Kota Bitung. Selain itu Perum Perindo juga akan memasok bahan baku ikan dari nelayan binaan seperti nelayan di Sangihe, Talaud, Manado, Bitung dan Gorontalo. Yang umumnya nelayan 5-10 Gross Tonase (GT).

Lanjutnya, target pengalengan ikan ini dijual ke Timur Tengah dan Asia Tenggara. Selain itu khusus ikan kayu akan dikirim ke korea dan jepang.

" Kerjasama BUMN kami dengan dua pabrik industri perikanan yakni Delta dan Edmico di Bitung nilainya sangat besar untuk ikan kayu ada dikisaran 5 Miliar rupiah perbulan dan untuk ikan bahan baku ikan kaleng kisaran 10 Miliar perbulan," pungkasnya.

Sedangkan Basmi Said Ketua Unit Pengolahan Ikan (UPI) Kota Bitung berharap, hadirnya  Perum Perindo dalam rangka menyuplai kebutuhan bahan baku disejumlah perusahaan.

" InshaAllah kalau beliau bisa suplai ikan cakalang sesuai harapan. Dan setelah mou ini memang sangat diharapkan Perum Perindo berperan dalam suplai ikan ke Delta dan secara umum untuk UPI Bitung, " jelas Basmi beberapa waktu lalu.

Reporter : Yaser Baginda
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.