Suara Pembaharu ideas 2017

Bitung, Suarapembaharu.com -Beberapa kelompok tani atau Poktan mengaku bakal bubar akibat tersendatnya bantuan dari Pemerintah seperti alsintan dan pupuk untuk tanaman.

Salah satunya Kelompok Tani Suka Damai yang diketuai Estefanus Hamber kepada wartawan pekan lalu mengatakan pihaknya telah menyiapkan bibit jagung sebanyak 140 Kilogram tetapi baru ditanam 40 kilogram karena terkendala pupuk.

Dia mengungkapkan bahwa Pemerintah melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan berjanji menyalurkan bantuan pupuk melalui dana langsung di transfer lewat nomor rekening dari Poktan. Menurut Hamber pengalaman beberapa tahun lalu penyaluran bantuan pupuk berlaku 2 kali dalam setahun dicairkan pada bulan Juli dan Oktober.

" Biasanya setahun dua kali dapat pupuk. Tapi tahun ini belum dapat, " Jelas Hamber.

Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bitung, Sonny Wenas mengungkapkan bahwa proses pencairan bantuan pupuk untuk kelompok tani itu disalurkan Dinas Pertanian Provinsi, pihaknya hanya menerima data dan mengirimnya ke provinsi.

" Kami tidak punya wewenang penyaluran dana tersebut. Semuanya melalui provinsi. Kami hanya memfasilitasi kelompok tani untuk kelengkapan berkas mereka, " jelasnya, Selasa (05-09-2017).

Reporter : Yaser Baginda
Editor : Arham Licin
Ket Foto : Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Sonny Wenas

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.