Suara Pembaharu ideas 2017

Bolmong Timur, Suarapembaharu.com-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melakukan terobosan baru dengan cara jemput bola keseluruh desa yang ada di Boltim untuk dapat melakukan perekaman e-Ktp.

Hal ini dilakukan setiap akhir pekan. Yakni, pada hari sabtu dan minggu, dimana Disdukcapil bekerjasama dengan seluruh Sangadi

"Jadi senin-jumat pengurusan masih di kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil, sedangkan sabtu-minggu turun ke tiap desa," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Rusmin Mokoagow,Rabu (13-09-2017).

Rusmin menambahkan, warga usia 17 tahun dan Lansia yang paling banyak belum melakukan perekaman e-Ktp.

"Warga yang paling banyak belum melakukan perekaman para pemula (17 tahun) dan lansia. Mereka tersebar diseluruh desa di Boltim" jelasnya.

Selain perekaman e-Ktp, Disdukcapil juga melayani pembuatan akta kelahiran dan kartu keluarga. Harapannya dengan turun langsung ke tiap desa,  penduduk Boltim sudah melakukan perekaman sampai akhir tahun 2017.

Sangadi Jiko Belanga, Ridman Roleh mengatakan dengan pola jemput bola ini, warganya sangat terbantu. Karena jarak antara desa Jiko Belanga dengan kantor Disdukcapil harus ditempuh selama 2 jam perjalanan.

"Jarak antara Kantor Kependudukan dan Pencatatan sipil dengan Jiko Belanga, kira-kira 2 jam perjalanan. Walaupun tidak bayar tapi ada ongkos angkutan dan biaya makan," ujar Ridman.

Jadi menurut Ridwan, warga banyak yang masa bodoh dengan perekaman e-Ktp ini, disebabkan karena waktu, jarak serta ongkos.

"Ada sebagian warga harus tidur di rumah saudara di Tutuyan. Karena menunggu mobil Damri untuk kembali ke Jiko. Sebab 1 hari jalur ke sana hanya sekali," tandasnya.

Reporter : Gunawan Mamonto
Editor : Arham Licin
Foto:Ilustrasi

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.