Suara Pembaharu ideas 2017

Bitung, Suarapembaharu.com-Sekolah Sungai di Kota Bitung yang digagas oleh beberapa pecinta lingkungan perlu mendapatkan apresiasi dan dukungan sebab hal ini sangat penting dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan (sungai) apalagi kerusakan sungai selama ini seperti terjadi di daerah daerah lain telah mengakibatkan bencana yang merugikan dan isu ini telah menjadi persoalan serius di beberapa tempat yang harus terus mendapatkan perhatian serius serta penanganan yang konsisten.

Dalam Undang Undang Lingkungan Hidup jelas ditegaskan bahwa sempadan sungai sampai pada radius tertentu adalah wilayah hutan lindung yang tidak bisa di eksploitasi dan dicemari dengan alasan apapun dan memiliki konsekuensi hukum yang sangat tegas bagi para pelanggar. Namun realitanya masih banyak masyarakat yang belum paham akan fungsi dan manfaat sungai sehingga masih saja ada oknum oknum yang merusak dan mencemarinya.

Sekolah Sungai jangan hanya berorientasi pada banyaknya alumni yang memiliki sertifikat namun Pelatihan dalam sekolah sungai harus mampu menghasilkan orang orang yang tidak hanya sebatas memahami persoalan lingkungan hidup tapi peserta harus digembleng dengan kurikulum yang tepat sehingga mampu menciptakan para penggiat dan pejuang lingkungan hidup di kemudian hari.

Penulis: Henry Roy Somba,ST
                Pemerhati Lingkungan

Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.