Suara Pembaharu ideas 2018

Manado, Suarapembaharu.com- Dalam rangka menyambut HUT Provinsi Sulawesi Utara Ke-53, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan  Provinsi Sulawesi Utara menggelar Gerakan Penganekaragaman Pangan melalui 'Gentanasi'.

Gerakan Makan Tanpa Nasi (Gentanasi) yang digelar di Graha Bumi Beringin, Manado. Gentanasi bukan berarti tidak makan nasi sama sekali melainkan dalam satu minggu mengganti satu kali waktu makan dalam sehari dengan pangan lokal diluar nasi.

Untuk menindaklanjuti kegiatan tersebut, dilakukan Penandatanganan kesepakatan (MoU) dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Sulawesi Utara dalam penyediaan menu di hotel dan restoran, untuk mengoptimalkan bahan baku pangan lokal sebagai sumber karbohidrat alternatif selain beras.

Ketua TP PKK Provinsi Sulut Rita Dondokambey Tamuntuan mengharapkan kegiatan ini bisa meningkatkan kreasi menu pangan lokal berbahan dasar selain beras seperti singkong, pisang, umbi umbian, jagung dan sagu.

"Kami tidak bisa bergantung sepenuhnya terhadap beras, tetapi menggantinya dengan kearifan lokal yang kami miliki. Untuk itu saya berharap para ibu bisa mengkreasikan menu pangan lebih beragam dan bergizi dirumah, " ujar istri gubernur Sulut Olly Dondokambey ini.

Sedangkan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi dalam sambutan yang dibacakan Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Tri Agustin Satriani menyatakan, upaya percepatan diversifikasi pangan sangat penting dilaksanakan, mengingat pola konsumsi pangan penduduk Indonesia belum beragam dari jenis pangan dan keseimbangan gizinya.

“Upaya menurunkan konsumsi beras dan terigu harus diikuti dengan penyediaan pangan karbohidrat dari pangan lokal seperti sagu, singkong, ubi umbian, jagung dan pisang, " katanya.

Reporter : Baim Hinta
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.