Suara Pembaharu ideas 2017

Minahasa, Suarapembaharu.com -Kasus penyalagunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) belum juga memperlihatkan perkembangan yang signifikan, pasalnya berkas perkara yang kini berada di tangan Kepolisian Resor Minahasa belum juga diteruskan kepihak Kejaksaan Negeri (KEJARI) Minahasa. Ada berbagai alasan yang disampaikan oleh pihak kepolisian terkait belum dibawahnya Tersangka (TSK) dan berkas perkara yang sudah di nyatakan lengkap (P21) sejak 29 Agustus 2017 ini.

Ditemui beberapa hari yang lalu diruang kerjanya Kasat Reskrim POLRES Minahasa AKP. Edy Kusnaidi mengatakan bahwa kasus ini sendiri tinggal menunggu waktu.

"Iya, berkas perkara sudah rampung dan tinggal penyerahannya saja ke pihak KEJARI , nanti saya hubungi lagi pihak penyidik," ujar kusnaidi.

Sebelumnya pihak penyidik juga sudah membeberkan alasan sehingga berkas perkara dan TSK yaitu ada jaksa yang keluar daerah sehingga berkas perkara dan TSK belum juga di bawah. Namun hal ini langsung dibantah oleh Parsaron Simorangkir selaku Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang ditunjuk untuk menangani kasus ini.

"Tidak benar, KEJARI Minahasa sudah siap jika POLRES Minahasa melakukan penyerahan  tersangka dan barang bukti. Dan saya memang sempat tugas keluar daerah, tapi tidak lama," ungkap Simorangkir yang diketahui melakukan perjalanan ke Makassar selama tiga hari.

Kasus ini sendiri diketahui mulai mencuat sejak tahun 2016, hal-hal yang tidak biasa mulai terlihat ketika hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan Daerah dan Pembangunan (BPKP) Sulawesi Utara berhasil mengungkap adanya kerugian Negara sebesar Rp. 851.927.030.

Perkara ini sedianya menjerat tiga nama yaitu, SM,JT dan DR. Namum ketiganya diproses secara terpisah, JT dan DR menjalani proses hukum di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (TIPIKOR) Manado, sementara SM menjalanai proses hukum tersendiri, namum proses hukum yang dijalani SM terkesan lambat karena tersendat dimeja POLRES Minahasa.

Reporter : Riedel Memah
Editor : Arham Licin

Ket foto : Kasat Reskrim Polres Minasaha (insert) Jpu Kejari Minahasa

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.