Suara Pembaharu ideas 2017

Jakarta,Suarapembaharu.com-Lelaki ini bernama Ulus Pirmawan, seorang petani muda. Pendidikan formalnya hanya sampai sekolah dasar, tapi ilmunya tinggi. Di kampungnya di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, provinsi Jawa Barat, ia menjadi inspirasi bagi petani sekitarnya.

Bersama petani setempat, ia membentuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Wargi Pangupay dan rajin berbagi ilmu dari cara memilih benih, menanam hingga setelah panen. Pasokan cabai merah Gapoktan Wargi Pangupay ke Toko Tani Indonesia Center sampai Rp11 juta per hari. Bukan hanya cabai, produk pertanian binaan Ulus juga menghasilkan baby buncis, tomat, kol, brokoli, sawo, dan terong yang didistribusikan ke wilayah Bandung dan Jabodetabek.

Pendeknya, berkat ikhtiar Ulus dan kelompoknya, petani memperoleh jaminan pasar, menggapai stabilitas harga, dan meminimalisir tengkulak. Ulus telah berhasil menciptakan kemandirian dalam pertanian, dari sektor hulu sampai hilir, termasuk  mengangkat nasib petani disekitarnya.

Tidak heran jika badan PBB yang mengurusi pangan dunia,  Food and Agriculture Organization (FAO), menganugerahkan penghargaan kepada Ulus Pirmawan sebagai petani teladan. Penghargaan itu diberikan di Bangkok, Thailand, pada 16 Oktober 2017, pada peringatan Hari Pangan Sedunia. Selain Ulus, penghargaan serupa diberikan kepada empat petani teladan lainnya di kawasan Asia, yakni dari Srilanka, Jepang, Nepal, dan Thailand.

" Selamat kepada Ulus Pirmawan. Tetaplah giat bekerja dan memberi inspirasi, " tulis Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di akun pribadinya, Rabu (18-10-2017).

Editor : Arham Licin


Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.