Suara Pembaharu ideas 2017

Minahasa, Suarapembaharu.com - Pemilihan kepala daerah sudah semakin dekat persiapan-persiapan pun sudah mulai dirampungkan oleh semua pihak, begitu pun dengan pihak penyelenggara dalam hal ini adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dalam beberapa kegiatan sudah menunjukan kesiapannya dalam melaksanakan Pilkada dan Pemilu mendatang.

Menarik perhatian dan mengajak pemilih untuk datang memilih menjadi salah satu tugas yang harus dilaksanakan oleh KPU.
Kali ini untuk mensukseskan itu, Minggu 29 Oktober 2017 KPU Minahasa menggelar Gerakan Sadar Pilkada yang dalam rangkaian kegiatan ini diawali dengan jalan sehat yang di ikuti oleh berbagai elemen masyarakat.

Kemeriahan kegiatan ini pun tak habis sampai disitu, tepatnya dilapangan depan kantor KPU Minahasa digelar beberapa acara seperti DoorPrize dan hiburan musik tarian dan masih banyak lagi yang semakin menambah kemeriahan gelaran Gerakan Sadar Pilkada yang juga dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia ini.

Dalam kegiatan ini salah satu Komisioner KPU Minahasa Kristoforus Ngantung, S.Fils. dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan agar masyarakat bisa menambah pengetahuan tentang pemilihan kepala daerah maupun pemilihan umum.
(Foto ist)  Geraj jalan dalam rangka deklarasi sadar pilkada di kabupaten Minahasa 

"Kegiatan ini digelar dengan tujuan sebagai sarana edukasi agar masyarakat turut serta dalam semua tahapan Pilkada. Pesertanya menurut Ngantung berjumlah sekitar 500 orang yang terdiri dari komisioner dan staf KPU Minahasa, para calon PPK di 25 kecamatan, Panwas, Pimpinan Parpol, Ormas, LSM dan Wartwan," tutur Ngantung.

Sementara Ketua KPU kabupaten Minahasa Meydi S. Tinangon, SSi. MSi. Dalam sambutannya  berharap agar lewat Pilkada ini bisa melahirkan pemimpin yang berkompetensi tinggi.

"Dengan harapan akan terpilih pemimpin daerah yang memiliki kompetensi, kapabilitas, intregritas dan aksetabilitas. Sebab era otonomi daerah membutuhkan pemimpin yang tidak saja memiliki kreatifitas dan inovasi dalam membangun daerah, tapi juga mendapat kepercayaan dan dukungan dari rakyat. Terdapat 171 daerah yang mengikuti pemilihan serentak tahun 2018 terdiri dari 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten, diantaranya Kabupaten Minahasa," tutur Tinangon.
(Foto ist) Deklarasi sadar pilkada Minahasa 

Tinangon pun berharap agar dalam proses pemilihan ini semua berjalan baik bahkan penyelenggara bisa menyelenggarakan semua tahapan dengan teliti.

"Penyelenggara pemilu di semua tingkatan harus mengelola setiap tahapan secara profesional dan berintregritas, Pemilih yang sudah mempunyai e-KTP harus dalam DPS dan DPT. Mari jadikan gerakan sadar Pilkada serentak ini sebagai momentum untuk mewujudkan Pilkada Minahasa yang kredibel dan aman sehingga tujuan demokrasi bisa terlaksana dengan baik dan secara bergandengan tangan," lanjutnya.

Sementara saat diwawancarai salah satu Calon PPK yang hadir dan ikut serta dalam seluruh rangkaian kegiatan, Jimmy Memah mengatakan kepada awak media bahwa dirinya mengapresiasi langkah KPU yang mengajak masyarakat bahkan para calon PPK untuk terlibat sejak masa persiapan menjelang Pilkada.

"Saya sangat mendukung bahkan mengapresiasi kegiatan seperti ini, karena kegiatan seperti ini boleh menjadi ajang kebersamaan untuk kita semua agar bisa melewati tahapan demi tahapan menjelang Pilkada 2018 mendatang, pokoknya yang the best lah for Minahasa," tutur Jimmy yang juga adalah Ketua Gerakan Pemuda Tani Indonesia (GEMPITA) kabupaten Minahasa.

Jimmy juga berharap agar pada proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati ditahun yang akan datang presentase keikut sertaan pemilih bisa meningkat. Utamanya pemilih pemula.

"Mari kita semua mendoakan dan menopang penyelenggaraan Pilkada 2018 mendatang agar Kabupaten Minahasa bisa melahirkam pemimpin yang berkualitas yang bisa membawa Minahasa lebih maju. Dan untuk Pilkada Minahasa 2018 tidak menutup kemungkinan presentase partisipasi pemilih bisa mencapai 95% dan itu tugas kita semua untuk mensukseskannya," ujar Jimmy.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan deklarasi Gerakan Sadar Pilkada serta pembentukan Forkom Payangka (Forum Komunikasi Pilkada Yang Aman dan Kredibel) yang ditandai dengan penandatanganan oleh KPU Minahasa, Pemerintah, Unsur Forkopimda, Pengurus Partai Politik (PARPOL ), LSM, Ormas, AWAM dan unsur pers lainnya.

Reporter : Riedel Memah
Editor :Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.