Suara Pembaharu ideas 2017

Bitung,Suarapembaharu.com- Kondisi ekonomi keluarga menjadi alasan seorang anak berusia 14 tahun yang mengaku tinggal di kampung Teling kelurahan Girian Atas, kecamatan Girian, kota Bitung ini bekerja.


Saat berbincang dengan awak media ini, Minggu (22-10-2017) Adiya Maici yang setiap hari Sabtu dan Minggu harus rela tidak bermain dengan teman seusianya, hanya agar bisa menghasilkan uang untuk bisa dibawa pulang kerumah.


Bermodalkan kantong plastik, Adiya menawarkan jasanya untuk mengangkat belanjaan kepada siapa saja yang dia temui dikompleks pasar Girian. Setiap kali mengangkat belanjaan, gadis kecil ini mendapat bayaran yang bervariasi.


" Satu kali angkat barang belanjaan, biasa dapat 2 ribu - 5 ribu rupiah. Tapi kadang ada juga yang berikan lebih sampai 10 ribu rupiah. Sehari bisa dapat 20-25 ribu rupiah, " jelasnya polos.


Alasannya bekerja membantu ibunya yang sehari hari hanya berprofesi sebagai buruh cuci dan ayahnya yang saat ini menurut pengakuan Adiya sedang bekerja di Ternate, ditambah kondisi salah seorang adiknya yang sedang sakit, membuat Adiya semakin jarang pergi ketempatnya menuntut ilmu  di SDN Inpres 12/79 Girian Bawah ini.


" Adik saya sakit, jadi ibu sudah tidak bisa lagi kerja, jadi saya sudah jarang kesekolah karena tiap hari harus ke pasar cari uang," ungkapnya.

Reporter : Yaser Baginda
Editor : Arham Licin

Ket foto : Adiya Maici

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.