Suara Pembaharu ideas 2017

Minahasa,Suarapembaharu.com -Upaya penggelapan 4 kubik kayu pinus berhasil digagalkan oleh Kodim 1302/Minahasa, menindak lanjuti laporan dari salah satu warga masyarakat yang diketahui bernama GT alias Gelar (60).

Operasi penggagalan ini dikomandoi langsung oleh Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Juberth Nixon Purnama S.Th dan memberi perintah langsung kepada Koramil 1302-01/Tondano yang dipimpin oleh Plh Danramil Pelda.Djoni Bura.

Mendapat instruksi, Plh Danramil Djoni Bura bersama anggotanya langsung bergerak ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) dikelurahan Marawas, kecamatan Tondano Utara, Selasa (17-10- 2017) tepatnya pada pukul 19:40 Wita.

Setibanya di TKP pasukan Loreng-loreng ini mendapati tersangka sedang mengangkut hasil penebangan ini. Kemudian Kormil 1302-01/Tondano langsung mengamankan 4 kubik kayu pinus bersama tersangka untuk diproses.

Setelah melakukan operasi penggagalan ini, Plh Danramil Djoni Bura langsung memanggil pemilik kayu yang diketahui bernama Junaidi Haji Jafar (53) yang berasal dari kelurahan Roong  untuk dimintai keterangan di Makodim 1302/Minahasa.

Sejumlah kayu hasil penebangan liar ini diketahui adalah hasil dari operasi Reboisasi tahun 1983 yang dilakukan oleh pihak TNI dan kayu ini berada dalam kawasan hutan lindung Marawas.

Melihat kinerja prajuritnya yang berhasil menggagalkan upaya ilegal loging 4 kubik kayu pinus ini, Dandim Purnama memberikan apresiasi yang tinggi.

"Saya selaku Komandan Kodim 1302/Minahasa memberikan apresiasi yang tinggi kepada Plh Danramil Djoni Bura dan anggotanya yang sudah mengambil langkah tegas untuk menangkap dan mengamankan pelaku ilegal loging beserta barang bukti," Ucap Purnama, Jum'at (20-10-2017).

Dandim Purnama pun menjelaskan bahwa kerja TNI bukan hanya menjaga kedaulatan NKRI.

" Disamping tugas TNI menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, kita juga harus peduli terhadap lingkungan termasuk mencegah perambahan hutan secara membabi buta, sebab bila hal ini dibiarkan maka dampak dari perambahan hutan tersebut akan dirasakan oleh masyarakat. misalnya banjir, tanah longsor dan mengeringnya sumber air yang ada dihutan tersebut, " Tegas Purnama.

Dandim Purnama juga tak lupa mengajak seluruh jajarannya untuk tetap menjaga hutan.

" Sekali lagi saya mengapresiasi kepada seluruh jajaran yang peduli terhadap persoalan ilegal loging ini, siapa lagi yang bisa menjaga hutan kita kalau bukan kita sendiri," tutup Dandim Purnama yang dikenal sangat ramah terhadap awak media.

Reporter  : Riedel Memah
Editor : Arham Licin

Ket foto: (ist) anggota Danramil Tondano saat gagalkan ilegal  logging

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.