Suara Pembaharu ideas 2017

Minahasa, Suarapembaharu.com - Hari bersejarah tentunya menjadi hal yang sangat baik bagi generasi penerus bangsa, dimana dalam memperingati hari-hari bersejarah bisa kita gunakan sebagai salah satu cara untuk memupuk rasa cinta kepada bangsa dan tentunya memberikan tambahan pengetahuan tentang sejarah Indonesia.

Kali ini momentun Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017 yang sedang kita peringati, seluruh elemen bangsa pun melaksanakan berbagai kegiatan dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda, sepertihalnya dengan Komando Distrik Militer (KODIM) 1302/Minahasa yang hari ini mengadakan kegiatan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Pagi ini tepatnya pukul 07:00 Wita Kodim 1302/Minahasa mengadakan upacara peringatan yang sukses digelar di lapangan upaca MAKODIM 1302/Minahasa. Dalam upacara ini berlaku sebagai Inspektur Upacara Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Juberth Nixon Purnama, S.Th.

Dalam upacara peringatan ini Dandim Purnama membacakan amanat dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi.
(Foto ist)  Random Minahasa saat jadi inspektur upacara pada peringatan Hari Sumpah pemuda

" Sudah delapan puluh sembilan tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 Pemuda dari seluruh penjuru tanah air, berkumpul disebuah gedung dijalan Keramat Jaya, daerah Kwitang Jakarta, mereka mengikrarkan diri sebagai satu Nusa, satu Bangsa dan satu Bahasa yaitu Indonesia. Sungguh ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah  bangsa Indonesia ikrar ini nantinya, 17 tahun kemudian melahirkan Proklamasi kemerdekaan repoblik indonesia, pada tanggal 17 Agustus 1945, " ucap Dandim.

Lebih lanjut Dandim membacakan amanat, yang menceriterakan tentang bagaimana ikrar ini bisa di buat.

"para pemuda sekalian, pernahkah kita membayangkan bagaimana seorang pemuda Mohamad Yamin dari Sawah Lunto bisa bertemu dengan Johanes Laimena dari Ambon ? Pernahkah kita membayangkan bagaimana seorang Katjasungkana dari Madura dapat bertemu dengan Lefranbd Senduk dari Sulawesi ? Bukan hanya bertemu , tapi mereka juga berdiskusi, bertukar pikiran, mematangkan gagasan hingga akhirnya sepakat mengikat diri dalam komitmen ke Indonesiaan," lanjut Dandim Purnama.

Upacara ini pun diikuti oleh seluruh anggota Kodim 1302/Minahasa, para Perwira Staf, Para Danramil jajaran Kodim 1302/Minahasa.

Reporter : Riedel Memah
Editor :Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.