Suara Pembaharu ideas 2018

Bolmong Timur, Suarapembaharu.com -Kondisi salah satu ruang belajar mengajar di SMK Negeri 1 Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ini sangat tak layak untuk dipergunakan lagi.

Kondisi ruang kelas ini sangat memprihatinkan, tak memiliki dinding, lantai yang rusak dan atap bocor disemua sisinya, membuat siswa sangat kesulitan mengikuti proses belajar mengajar.

Wakil Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Nuangan Bidang Sarana dan Prasarana Muchamad Burhanudin yang ditemui mengatakan ruangan ini dibangun dua tahun lalu dengan sumbangan orang tua murid.

Menurutnya, penambahan bangunan ini, dikarenakan jumlah murid tiap tahun terus bertambah. Sedangkan kapasitas ruangan sudah tidak lagi mencukupi.

"Ruangan tersebut sekarang sudah rusak, terutama dinding serta atapnya, sehingga waktu belajar sering terganggu. Padahal satu kelas berisi 30 siswa. Total keseluruan murid di SMK Negeri 1 Nuangan 210 murid," ujarnya.

Lanjut Burhanudin, ruangan belajar kelas tidak cukup lagi, karena tiap tahun siswa terus bertambah.

Jumlah ruangan yang ada saat ini di SMK Negeri 1 Nuangan yakni empat kelas , laboratorium satu serta perpustakaan satu. Tambahan ruangan kelas baru sudah sangat diperlukan, karena jurusan Administrasi Perkantoran ada tiga kelas sedangkan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) berjumlah 4 kelas.

"Untuk mencukupi ruangan belajar, maka perpustakaan di sekat, lalu dijadikan kelas. Kemudian Laboratorium juga dijadikan tempat belajar," ungkap Burhanudin.

Sementara Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Nuangan Schipper R. Sembel mengatakan sudah mengajukan ke Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara untuk pembangunan ruang kelas baru, namun belum ada jawaban. Akan tetapi pihaknya juga telah mengajukan ke pihak Dirjen Pendidikan Kementerian Pendidikan RI.

"Kemungkinan pengusulan dari Dirjen berhasil, sebab sudah ada jawaban bahwa surat diterima dan mendapat bantuan ruangan Praktek Siswa ukuran 8x12 meter, semoga itu cepat terealisasi, " ujar Sembel.

Reporter : Gunawan Mamonto
Editor : Arham Licin

Foto: tampak siswa siswi SMK N 1 Nuangan yang belajar didalam kelas tanpa dinding

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.