Suara Pembaharu ideas 2017

Luwu Utara,Suarapembaharu.com -Sekitar 100 warga dusun Labose,  desa Laskap, kecamatan Malili, kabupaten Luwu Timur melakukan aksi protes ke PT VALE dengan cara menggali pipa minyak PT VALE yang melewati tanah milik warga di dusun Labose.

Pipa minyak yang melewati perkampungan warga kurang lebih sepanjang 2 kilometer, posisi pipa minyak berada di pekarangan rumah warga yang telah ada sertifikat tanah. Aksi yang dilakukan ini buntut dari tidak adanya ganti rugi lahan oleh PT VALE kepada warga, pipa minyak yang melewati lahan warga dipasang sejak tahun 70an hingga saat ini tanpa ada ganti rugi lahan. Dan tahun 2017 ini akan ada perbaikan pipa minyak, namun hingga saat ini tidak jelas ganti rugi lahannya.

“kalau Vale mau pakai lagi lahan kami, maka harus ganti rugi dulu lahan kami yang di pakai sejak tahun 70an, setelah itu baru kita bicarakan lahan yang sekarang tahun 2017,” ungkap Marzuki salah satu Tokoh masyarakat desa Labose, Kamis (19-10-2017).

Penggalian pipa dilakukan oleh warga sepanjang 20 meter, penggalian dilakukan di depan rumah warga. “kami melakukan penggalian  di depan rumah kami sendiri, tanah kami bersertifikat, kami mempunyai hak milik, selama ini kami tidak pernah mendapatkan hak kami yang di ambil oleh PT VALE” ungkapnya lagi.

PT VALE sebelumnya mau memperbaiki pipa minyak yang melewati dusun Labose, karena pipa minyak yang di tanam sudah keropos dan sudah ada beberapa kali pertemuan antara PT VALE, Pemkab dan masyarakat pemilik lahan.  Namun tidak membuahkan hasil.

Informasinya, PT VALE bersedia  membebaskan lahan masyarakat dengan harga 75 Ribu permeter, namun di tolak oleh warga dengan alasan sangat murah, karena tanah warga bersertifikat warga juga menuntut ganti rugi lahan yang dipakai oleh PT VALE sejak tahun 70an namun tidak mau membayar ganti rugi lahan warga.

Reporter : Andreow Reza
Editor : Arham Licin

Ket foto : (ist) Warga lakukan aksi protes terhadap PT Vale

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.