Suara Pembaharu ideas 2017

Bolmong Timur,Suarapembaharu.com- Kondisi lampu jalan Solar Cell yang dipasang pemerintah desa Bai, Kecamatan Nuangan, kabupaten Bolaang Mongondow Timur mulai dikeluhkan warga.

Pasalnya, proyek yang menggunakan anggaran dana desa ini dinilau tak cocok dengan kondisi  daerah tersebut.

"Lampu Solar Cell ini nanti menyala terang jika ada kendaraan yang lewat dibawahnya, apakah mobil atau sepeda motor, sedangkan kendaraan di sini, jumlahnya bisa dihitung dengan jari," ujar Parman Mokoagow, Jum'at (20-10-2017).

Padahal, menurutnya lampu Solar Cell tersebut dipasang baru sebulan lalu, di samping rumahnya. Tiap hari pria ini mengamati dan timbul tanya mengapa lampu tersebut tidak terang.

"Saya sudah beberapa kali analisa, waktu lewat mobil atau motor, lampunya langsung terang, jika lama-lama redup lagi. Maka saya sarankan untuk ganti lampu ini," ujarnya lagi.

Salda Mamonto, warga dusun III desa Bai juga mengakui hal yang sama, lampu tersebut menurutnya tidak cocok dipasang di desa, harusnya diperkotaan.

"Lampu ini menyala sampai jam 2 pagi, kemudian mati secara otomatis. Jadi karena masih gelap, maka saya berinisiatif memasang lampu sendiri di samping Solar Cell," ujar Salda.

Tambahnya, jika tidak ada kendaraan lewat, maka lampu redup. Untuk itu memasang lampu tambahan, agar warga yang jalan kaki tidak jatuh atau tersandung batu.

Sangadi Bai, Hamdi Lamaluta mengatakan, Solar Cell di pasang baru delapan titik dari rencana 20 titik yang akan dipesan dengan anggaran 19,5 juta rupiah.

"Waktu pemeriksaan dari Inspektorat Boltim, memang menyuruh kami untuk memberhentikan sementara pembayaran Solar Cell, karena terlalu mahal. Maka kami menindak lanjuti permintaan tersebut, selain itu akan dikaji lagi, " ujar Hamdi Lamaluta.

Reporter : Gunawan Mamonto
Editor : Arham Licin

Ket foto : kondisi solar cell yang terpasang

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.