Suara Pembaharu ideas 2017

Bitung, suarapembaharu.com - Juifelsa Tuepo (14) merupakan anak perempuan yang terlahir dari 4 bersaudara, dan menjadi tulang punggung keluarga sejak kelas III SD.

Juifelsa Tuepo (14)

Selama 3 Tahun terakhir ini, dialah yang mencari nafkah untuk menghidupi adik-adiknya serata kebutuhan sekolahnya.

Panas dan hujan bukan menjadi penghalang untuk memberatkan langkanya dalam menawarkan jasa untuk mengangkat belanjaan siapa saja yang ia temui di pasar Girian.

Kondisi ekonomi yang serba pas-pasan, menjadi alasan gadis kecil berdarah maluku ini bercibaku dengan pekerjaan tawar-menawar jasanya.

Punya dua keinginan dalam waktu yang bersamaan mungkin sulit untuk seorang manusia normal mengambil keputusan singkat, namun tidak bagi Felsa, pada saat matahari terbit ia harus mengorban sekolahnya demi pekerjaan yang sudah menjadi rutinitasnya sehari-hari.

"Kadang sekolah satu minggu hanya sekali, karena tiap pagi pasar itu banyak pengunjung, jadi harus cepat-cepat bangun," kata Felsa dengan nada polos.

Sementara itu, Cristina Maici (42) orang tua Felsa yang berprofesi sebagai tukang cuci saat berbincang dengan media ini, Selasa (24-10-2017) mengungkapkan, punya harapan besar kepada empat anaknya untuk mendapatkan pendidikan yang layak seperti anak-anak lainya.

"Namun apa daya, kita punya keterbatasan ekonomi sedangkan makan saja kadang tidak cukup," jelasnya dengan mata yang berkaca-kaca.

Tinggal dirumah yang berdinding triplex, di Kelurahan Girian Atas Lingkungan III Rt 009, bermodalkan kantong plastik Felsa kadang harus berjalan dengan langka cepat ke pasar, menyusuri lorong-lorong rumah warga untuk berjualan.

"Kadang dapat uang paling tinggi Rp.60.000, itu sudah dengan hasil jualan kantong plastik dan angkat belanjaan orang, uang yang didapat dibagi dua sama ibu, 30 ribu buat modal 30 ribunya lagi dikasih sama ibu untuk makan," bebernya.

Reporter : Yaser Baginda
Editor      : Arham Licin


Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.