Suara Pembaharu ideas 2017

Minahasa, Suarapembaharu.com -Komandan Kodim 1302/Minahasa Letkol. Inf. Juberth Nixon Purnama, STh memimpin rapat koordinasi dan sosialisasi di aula Makodim 1302 Minahasa, Selasa (16-10-2017). Rapat ini sendiri memiliki pokok pembicaraan tentang rencana tata ruang wilayah RTRW dalam Wilayah Pertahanan Darat (Wilhanrat) tahun 2017.

Rapat koordinasi dan sosialisasi ini bertujuan untuk wilayah yang masuk dalam tanggungjawab Kodim 1302 terlebih khusus koramil lebih mengetahui peran dan tujuan dari rencana tata ruang wilayah sesuai dengan hasil dari BPS dan dari Bappeda.

Sementara dalam rapat ini , Dandim Minahasa Letkol Inf Juberth Nixon Purnama S.Th mengatakan bahwa pembinaan tata ruang ini bisa berjalan baik.

"Berdasarkan PP 68 tentang penyiapan daerah pertahanan Negara, kami gunakan ini sesuai dengan pembinaan rencana tata ruang wilayah pertahanan darat agar supaya ada sinergitas antara peta wilayah pertahanan darat dan pemerintah daerah," ucap Purnama.

Purnama juga mengatakan bahwa keinganannya agar kegiatan ini bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan Komando paling atas, sesuai dengan kondisi dari daerah masing-masing dengan memperhatikan serta terkoordinir antara RTRW se provinsi, Kabupaten/kotamadya.

Dandim juga menuturkan sasaran utama dari kegiatan ini ialah agar tersusunnya data tentang jenis tanah yang ada di wilayah berdasar klasifikasi.

"Sasaran utama adalah tersusunnya data tentang jenis tanah yang terdapat di wilayah berdasarkan klarifikasi, tersusunnya data tentang bencana di wilayah berdasarkan kejadian bencana alam yang terjadi, tersusunnya data tentang curah hujan di wilayah berdasarkan kondisi cuaca yang terjadi, tersusunnya data tentang pulau-pulau di wilayah, tersusunnya data tentang daerah yang di siapkan Sebagai daerah tempur dan daerah yang di peruntukan, tersusunnya data tentang daerah belakang atas dasar kesamaan visi dan persepsi serta sinergitas antara RTRW Hanrat oleh satuan komandan wilayah untuk kepentingan pertahanan Negara dengan RTRW provinsi, kabupaten/Kotamadya dan tersusunnya data tentang daerah pangkal perlawanan,"tutup Purnama.

Kegiatan ini sendiri menuai pujian dan disambut baik oleh utusan dari BPS dan Bappeda yang juga terlihat hadir dalam kegiatan ini.

Reporter : Riedel Memah
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.