Suara Pembaharu ideas 2017

Minahasa, Suarapembaharu.com-Kompetisi Cabang olahraga Kempo dalam perhelatan Pekan olahraga Provinsi (Porprov) IX tahun 2017 sudah selesai pada hari ini, 10 Oktober 2017. Cabang olahraga Kempo ini didominasi oleh kontingen kota Bitung dalam hal raihan medali.

Dalam rangkuman hasil klasemen terakhir cabang olahraga kempo, kota Bitung berada di peringkat satu, kota Manado berada di peringkat ke dua dan pada peringkat ketiga ada kabupaten Minahasa Utara.

Hasil Akhir peraihan medali dari Cabang olahraga kempo :
1. Kota Bitung dengan raihan medali 6 emas,  2 perak dan 2 perunggu.
2. Kota Manado dengan raihan medali 3 emas, 6 perak dan 3 perunggu.
3. Kabupaten Minahasa Utara dengan raihan 3 emas, 1 perak dan 6 perunggu
4. Kota Tomohon dengan raihan medali 0 emas , 2 perak dan 5 perunggu.
5. Kabupaten Minahasa dengan raihan medali 0 emas, 1 perak dan 1 perunggu.
6. Kabupaten Talaud dengan raihan medali 0 emas, 0 perak dan 6 perunggu.
7. Kabupaten Sitaro dengan raihan medali 0 emas, 0 perak dan 1 perunggu.

Cabang olahraga ini juga menjadi cabang olah raga pertama yang memperebutkan medali emas dengan kata lain cabang olahraga pertama yang langsung masuk tahap final walau baru masuk pada hari yang kedua.

Sementara atlet putri peraih medali emas pertama dalam Pekan olahraga Provinsi IX Sulut ini adalah Chikita Rosmawati dari kontingen Kota Bitung , yang mendapat emas lewat cabang olahraga Kempo Randori putri kelas 45 kg. Dan diikuti oleh Wahyuni Sampelo (Bitung) Randori putri kelas 48 kg, Silvia Badarab (Bitung) Randori putri kelas 51kg, Gabriela (Minut) Randori putri kelas 54kg. Dan untuk putra peraih medali emas pertama pada ajang ini adalah Exel Putra Pantow (Bitung) Randori putra kelas 50 kg, disusul oleh Denis Salu (Minut) Randori putra kelas 55 kg, Roy Raden Rusli (Manado) Randori putra kelas 60kg, Michael Manumpahi (Bitung) Randori putra kelas 65kg, Jerry Siwu (Manado) Randori putra kelas 70kg.

Ada hal menarik saat partai-partai Final kejuaraan Kempo ini dilaksanakan, yaitu tidak hadirnya Brian Adam kontingen Minahasa yang masuk pada putaran final pada Randori putra kelas 60kg. Saat di tanyai oleh awak media Salah satu senpai dari kontingen Minahasa Sandy Mait membeberkan alasan sehingga tidak hadirnya salah satu atlit yang dilatihnya.

"Pada pertandingan sebelumnya atlit kami ini terkena pukulan pada rahangnya sehingga dia tidak bisa ikut serta pada partai final ini" tuturnya.

Sandy juga mengatakan bahwa salah satu kendala dalam persiapan untuk Porprov kali ini khususnya dalam cabang olahraga Kempo ialah fasilitas pelatihan yang sama sekali belum ada , dan Sandy berharap agar kedepannya bisa memiliki fasilitas tempat latihan untuk para atlit Kempo.

Sementara Walens salah satu official tim dari cabang olahraga Kempo kontingen Kota Bitung menyatakan bahwa mental atlet yang menjadi kunci kesuksesan mereka.

"Terutamanya mental para atlit yang kami persiapkan sehingga kami bisa meraih hasil yang maksimal. Kami meraih 6 medali emas dari cabang olahraga ini, satu emas didapat dari Embu putri dan 5 emas dari randori yang terdiri dari 2 randori putra dan tiga dari randori putri," ucapnya.

Walens juga berharap agar kedepannya para atlet Kempo dari kota Bitung bisa terus mengharumkan nama kota Bitung bahkan bisa mengharumkan nama bangsa.

Saat diwawancarai salah satu atlit Kempo Michael Manumpahi dari kota Bitung menyatakan rasa syukurnya karana bisa meraih medali emas untuk dibawa pulang.

"Sangat senang ya dan bersyukur dengan hasil yang kami capai karena mengingat latihan kami yang begitu susah dan juga saya mau mengucapkan rasa terima kasih saya kepada Tuhan Yang Maha Esa karena jika hanya mengandalkan kekuatan kami tidak mungkin kami bisa meraih hasil seperti ini. Untuk kedepannya juga saya berharap agar saya pribadi bisa mendapatkan medali emas pada PON yang akan datamg" tuturnya.

Atlit peraih emas pada cabang Kempo  Randori kelas 65kg ini juga menyampaikan bahwa kurangnya perhatian terhadap akomodasi atlit dan berharap untuk kedepannya juga bisa disediakan oleh pelaksana kegiatan Porprov berikutnya.

Tak mau juga ketinggalan perwakilan dari tim pelatih Kempo kota Bitung Nover Pangulimang menyampaikan bahwa tim kota Bitung harus lebih mempersiapkan diri dan lebih berbenah lagi untuk kedepannya.

"Untuk tim Bitung masih banyak yang harus dibina khusunya dalam teknik randori dalam hal ini kesiapan mental yang harus menjadi perhatian tapi kali ini tidak terlalu berpengaruh karena sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Dan kempo Bitung akan melaksanakan lomba Kempo antar siswa agar supaya cabang olahraga Kempo ini bisa dikenal secara luas," Ucapnya.

Awak media juga menemui perwakilan atlit dari Kabupaten Talaud Devit Bee yang dalam perhelatan kali ini meraih medali perunggu, dalam komentarnya Devit Bee menyatakan bahwa untuk Kabupaten Talaud ini adalah awal yang bagus.

"Ini awal yang bagus untuk Talaud , dengan 8 orang kensi sekurang-kurangnya kami dapat membawa pulang perunggu cuman besyukur ke Tuhan karena ini memang awal yang baik," jelasnya.

Devit juga menguturkan kurangnya perhatian dari pemerintah Talaud khususnya dari Dinas pemuda dan olahraga (Dispora).

"Kami datang kesini pun topangan dana dari pemerintah memang kurang, mungkin ada tetapi jumlahnya saya kurang tahu, tapi dari Dispora sendiri memang tidak ada. Tapi harapan kedepan Talaud memiliki atlit yang luarbiasa dan tidak dipandang sebelah mata apalagi tutup mata. Dan  harapannya kedepan untuk teman-teman atlet Kempo dari Talaud tetap semangat karena ini memang awal agar supaya Kempo di Talaud lebih maju lagi dan untuk semua atlit dari Talaud tetap semangat" tuturnya.

David juga menyampaikan harapannya untuk penyelengaraan sekelas pekan olahraga provinsi harus lebih dimatangkan lagi dalam persiapanya.

Penyerahan medali sendiri di serahkan oleh Kabag Humas dan Protokol kabupaten Minahasa Drs. Leonard Pangerapan MAP.

Reporter : Riedel Memah
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.