Suara Pembaharu ideas 2017

Gowa,Suarapembaharu.com - Selasa, 24 Oktober 2017 Ir. Faisal Hamzah, MP, Herland, S.ST beserta tim berhasil memanfaatkan pompa dengan kekuatan 35 HP untuk mengairi lahan praktik di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Gowa. Ini sudah melalui beberapa riset sederhana untuk menentukan berapa kekuatan pompa yang dibutuhkan agar lahan yang kurang-lebih 25 ha ini dapat terpenuhi kebutuhan air-nya.

Dengan memanfaatkan mesin ini, kebutuhan air pada lahan praktik akan terpenuhi. Setelah ini kami akan benahi terlebih dahulu sistem instalasi dengan memanfaatkan pipa yang lama tidak terpakai, bahkan kami akan memanfaatkan beberapa pipa yang merupakan peninggalan jaman SPMA. Setelah rampung maka air akan mengalir untuk memenuhi kebutuhan tanaman.

"Semoga lahan praktik kami tidak kekurangan air lagi, danau STPP Gowa sebagai sumber air tidak pernah kering walaupun musim kemarau, sayang sekali tidak dimanfaatkan," ujar Dosen ramah ini.

Herland, S.ST sebagai salah-satu anggota tim menambahkan selama ini kami mengangkat air dari danau menggunakan tanki air, dalam waktu dekat air akan sampai kelokasi mana yang akan disirami. Ini akan meng-efisienkan sehingga waktu dan tenaga dapat dialihkan untuk hal positif yang lainnya. Apalagi harapan Ketua STPP Gowa Dr. Ir. Syaifuddin, MP untuk menjadikan lahan praktik sebagai "eco-edu-wisata" begitu besar.

" mesin ini tentunya akan sangat membantu untuk mewujudkan harapan tersebut," tutupnya.

Reporter : Andreow Reza
Editor : Arham Licin

Ket foto : (ist) mesin pompa untuk praktek Mahasiswa STTP Gowa


Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.