Suara Pembaharu ideas 2018

Manado, Suarapembaharu.com -Mengawali tahapan Pileg dan Pilpres 2019, Komisi Pemilihan Umum Kota Manado, menggelar sosialisasi dan bimtek Sistem Informasi Partai  Politik (SIPOL)  kepada semua Parpol calon peserta pemilu di salah satu hotel di Manado, Senin 2 Oktober lalu.

Selain aplikasi SIPOL, juga dilakukan sosialisasi  PKPU Nomor 11 Tahun 2017 tentang  Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu.

Kordinator Divisi Hukum Romy Poli dalam paparannya menjelaskan,
Sistim Informasi Partai Politik  merupakan aplikasi penting yang harus dipahami oleh setiap operator di setiap parpol.

"SIPOL merupakan pintu masuk bagi setiap calon peserta Pemilu utk bisa terdaftar, diverifikasi hingga kemudian ditetapkan sebagai peserta Pemilu," tukasnya.

Karena itu lanjut Poli, semua keanggotaan dan kepengurusan Parpol harus terinput dengan baik dalam SIPOL dengan mengikuti petunjuk teknis yang ada,  karena data  itu yamg nantinya akan dipakai KPU untuk dilakukan verifikasi.

Khusus mekanisme dan waktu pendaftaran, pentolan Fakultas Hukum Unsrat itu mengatakan, bahwa waktu pendaftaran sebagaimana yang diamanatkan dalam pedoman teknis PKPU yaitu selama 14 hari, yakni tanggal 3 hingga 16 Oktober.

Hal itu juga diatur dalam PKPU Nomor 7 tentang jadwal, program dan tahapan,   dimana waktu pendaftaran  adalah selama 14 Hari kalender mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 wita.

" Khusus hari terakhir pendaftaran tanggal 16 Oktober, diberikan batas waktu hingga pukul 24.00 atau 00.00 Wita," tandas Romy.

Senada juga dikatakan wakil kordinator divisi Hukum, Amrain Razak.
Amrain  yang membidangi divisi SDM dan Sosialisasi Mengatakan, dalam kaitannya dengan SIPOL dan pendaftaran Parpol, KPU Kota Manado, memberikan ruang kepada semua partai politik yang mau  berkonsultasi.

"KPU Manado sudah menyiapkan help desk khusus Sipol dalam rangka  melayani  setiap parpol yg mau berkonsultasi untuk teknis pengisian dalam aplikasi Sipol," kata Amrain, yang juga  moderator dalam kegiatan tersebut.

Acara tersebut dibuka oleh ketua KPU Manado Jusuf Wowor dan dihadiri oleh komisioner lain yakni Ventje Tatimu dan Sunday Rompas, serta sejumlah pengurus Parpol calon peserta pemilu di Kota Manado.

Reporter : Nanang Noholo
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.