Suara Pembaharu ideas 2017

Manado, Suarapembaharu.com - Kurangnya pendidikan politik kepada masyarakat selama ini. Baik oleh KPU selaku penyelenggara pemilu, maupun partai politik peserta pemilu, menjadikan kualitas pemilihan umum sering tidak sesuai harapan. Pemilu seakan hanya menjadi ajang kepentingan segelintir kalangan, baik itu penyelenggara pemilu , KPU dan Bawaslu, maupun kepentingan partai politik yang berebut kekuasaan tanpa pernah dipikirkan sudah sejauh mana masyarakat paham posisi mereka di ajang pesta demokrasi selain sebagai objek yang "suaranya" diperlukan.
(Foto ist) Ferry Daud Liando, pengamat politik dan Akademisi Universitas Samratulangi Manado


Karena berdasarkan PKPU No 11 Tahun 2017, setiap partai politik peserta pemilu 2019 wajib memenuhi setidaknya 10 syarat yang sudah diatur didalam PKPU tersebut. Yakni, berstatus badan hukum sesuai UU parpol, memiliki kepengurusan diseluruh provinsi, memiliki kepengurusan minimal 75 persen dari jumlah kabupaten kota di provinsi bersangkutan, memiliki 50 persen kepengurusan di tingkat kecamatan, 30 persen perwakilan perempuan, menyerahkan AD/ART parpol, rekening parpol, memiliki anggota 1000 atau 1/1000 jumlah penduduk, memiliki kantor dari tingkat pusat hingga kabupaten kota dan menyerahkan nama tanda dan lambang partai politik.


Menurut pengamat politik sekaligus akademisi dari Universitas Samratulangi Manado, Ferry Daud Liando, Verifikasi Partai Politik (parpol) hendaknya bukan hanya sebatas kepentingan parpol, KPU dan Bawaslu. Proses ini juga hendaknya jadi bagian dari pendidikan politik. Persyaratan yang ketat berpotensi terjadinya manipulasi data  dan persekongkolan. Publik perlu diberi akses untuk mengetahui parpol mana yang memasukan data fiktif dan bersekongkol dengan petugas peneliti administrasi.


"Pengakuan publik atas parpol bukan nanti saat di kampanye tapi juga pada saat pendaftaran. Untuk kepentingan pendidikan politik maka Perlu komitmen KPU dan Bawaslu untuk mempublikasikan ke publik tentang parpol parpol yang tidak jujur itu," ungkapnya, Selasa (31-10-207).

Reporter : Lake Noholo
Editor : Arham Licin



Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.