Suara Pembaharu ideas 2017

Minahasa, Suarapembaharu.com -Tersebarnya isu pungutan liar (Pungli) di Pengadilan Negeri (PN) Tondano sudah hangat dibicarakan, isu ini sendiri mulai terdengar saat masyarakat yang ingin mengurus surat keterangan tidak pernah di Pidana demi kelengkapan berkas untuk mendaftarkan diri menjadi anggota PPK maupun Panwascam mengalami kesulitan dan sempat dimintai sejumlah uang.

Saat ditemui awak media, Humas PN Tondano Frans W Pangemanan SH. Memberikan konfirmasi terhadap isu yang sudah beredar ini, Jum'at (13-10-2017).

"Tidak ada pungutan liar dalam pembuatan surat keterangan yang dikeluarkan Pengadilan Negeri Tondano, hanya ada biaya 5 ribu rupiah untuk PNBP, " ucapnya.

Pengemanan juga menyampaikan bahwa jika proses surat keterangan terhambat itu hanya dikarenakan oleh berkas yang dibawa belum lengkap.

"Seringkali berkas yang dibawa tidak lengkap atau jika berkasnya sudah lengkap kepala Pengadilan Negeri Tondano lagi dinas diluar, beliau ada di Tomohon. Kan yang menandatangani surat keterangan tidak pernah dipidana ini adalah beliau," tutur Pangemanan lagi.

Humas PN Tondano ini juga menambahkan bahwa tugas mereka ialah melayani dengan Hati.

Sementara dari isu yang beredar ini, sempat terdengar bahwa ada pungutan liar yang dilakukan oleh salah satu oknum PN Tondano dan besaran yang diminta saat mengurus berkas ini sendiri sebesar Rp. 100.000.

Reporter : Riedel Memah
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.