Suara Pembaharu ideas 2017

Bolmong Timur, Suarapembaharu.com - Rumah tinggal layak huni (RTLH) yang targetkan pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, akan selesai akhir tahun 2017, nampak mengalami kesulitan dilapangan. Pasalnya RTLH yang direncanakan dibangun 180 unit selesai hingga desember 2017, realisasinya baru 105 unit, sisanya ada di dua Kecamatan yakni Tutuyan dan Kotabunan masih mengalami kendala.
(foto Gun) salah satu warga yang sampai saat ini rumahnya belum dibangun


"Memang dari pihak Dinsos Kabupaten sudah memberi informasi bahwa pekerjaan bisa dimulai, karena targetnya hingga desember, namun kendala kami upah tukang masih minim hanya Rp3,5 juta sampai rumah selesai,"ujar Aini Modeong, warga Tutuyan Dua, Dusun Dua, Kamis (16-11-2017).


Tampaknya, kesulitan dihadapi warga yakni kurangnya dana pekerjaan untuk membangun rumah sesuai yang ditargetkan.

"Bahan Bangunan sudah ada, namun masyarakat belum bisa membangun rumah sesuai target pemerintah, karena masalah uang pekerja tak mencukupi," kata Modeong.

Anggota DPRD Kabupaten Boltim, Nasarudin Simbala mengatakan, batas waktu yang telah ditentukan untuk pekerjaan 180 RTLH tak akan capai tahun ini, pasalnya waktunya sudah mepet.


"Setahu saya tahun 2016 pekerjaan RTLH tidak selesai, maka ditunda 2017. Sekarang 2017 pekerjaan akan ditunda 2018. Sudah pasti tahun depan pekerjaan RTLH lebih banyak," ujar Nasarudin Simbala. Lanjut Simbala, dinas terkait lebih serius lagi, dalam menangani masalah RTLH di Boltim ini.


Sementara Kepala Dinas Sosial Saiful Umbola mengatakan, dana upah pekerja sebesar Rp3,5 juta rupiah sudah sesuai juknis.


"Saya tahu total anggaran satu rumah Rp17,5 juta rupiah, untuk bahan bangunan Rp14 juta rupiah, sisanya Rp3,5 juta biaya sewa tukang," ujar Saiful.


Menurutnya, masyarakat harus lebih peduli lagi, terhadap bantuan Pemerintah. Sebab tujuannya menjadi perangsang, agar warga dapat berusaha membangun rumah tinggal yang layak. Dari hasil pembangunan RTLH, jumlah sekitar 105 unit selesai, sedangkan sisanya masih terus dikerjakan.

"Saya yakin 75 unit rumah sisa, nanti akan selesai akhir desember ini," ujar Saiful optimis.

Reporter : Gunawan Mamonto
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.