Suara Pembaharu ideas 2017

Bitung -Keberadaan orang asing (WNA) yang datang ke Indonesia untuk bekerja semakin banyak. Hal ini kemudian memunculkan berbagai persoalan. Seperti yang terjadi saat ini di kota Bitung, sebanyak 12 orang warga negara asing asal Tiongkok berada di kota Cakalang dengan status yang katanya "jelas" bekerja di Terminal Petikemas Bitung (TPB) dan terjaring operasi pihak Imigrasi Bitung awal pekan ini.

Dari pengakuan agen yang membawa WNA tersebut, mereka bekerja sebagai tehnisi memasang Crane yang baru saja di beli oleh TPB dalam rangka melengkapi fasilitas pelabuhan terbesar di Sulawesi Utara itu. Akan tetapi, legalitas WNA yang bekerja itu dipertanyakan banyak pihak. Salah satunya oleh salah seorang aktivis kota Bitung Sanny Kakauhe, Kamis (16-11-2017) pria asal Tandurusa ini mempertanyakan kehadiran pekerja asing di TPB yang diduga tidak memiliki izin untuk bekerja.

" Ini artinya, pihak Pelindo IV melakukan pembiaran terhadap keberadaan pekerja asing yang legalitasnya dipertanyakan. Apa mereka memiliki IMTA dan mereka datang kesini memegang Visa sebagai pekerja, atau jangan jangan datang dengan Visa turis tapi kemudian dipekerjakan oleh Pelindo melalui rekanan mereka. Pelindo harusnya jeli, tidak membiarkan pelanggaran aturan terjadi diwilayah mereka," tegas pria yang juga terpilih menjadi ketua Panwascam Aertembaga ini.

Reporter : Yaser Baginda
Editor : Arham Licin

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.